Tundukkan Laskar Saburai, Musim Persebaya Berakhir dengan Manis

Selebrasi David da Silva. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya mampu mengakhiri musim dengan manis dengan memetik kemenangan 2-1 atas Badak Lampung FC di Gelora Bung Tomo, Sabtu (21/12). Kemenangan tipis atas tim berjuluk Laskar Saburai tersebut membuka peluang Persebaya untuk finish di urutan kedua klasemen akhir Liga 1 2019.

Menduetkan M. Syaifuddin dan Hansamu Yama di jantung pertahanan Bajol Ijo, Persebaya tampil kurang efektif pada awal laga, bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu namun mampu membalikkan kedudukan.

Babak pertama

Tempo berjalan sedang pada permulaan babak pertama. Kedua tim lebih sering berkutat di lini tengah dan silih berganti menguasai bola.

Iklan

Lepas dari lima belas menit babak pertama bergulir, Persebaya lebih dominan dalam penguasaan bola. Sedangkan badak Lampung lebih mengandalkan serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Marquinhos.

Beberapa kali Badak Lampung FC mendapatkan tendangan bebas yang mampu membahayakan gawang Bajol Ijo. Sedangkan Gawang Badak Lampung yang dikawal oleh Dikri Yusron masih belum mampu ditembus oleh anak asuhan Aji Santoso.

Peluang emas didapatkan Da Silva setelah mampu lepas dari jebakan offside. Menerima umpan dari lini tengah, Da Silva yang tinggal berhadapan dengan Dikri Yusron gagal memanfaatkan peluang emas dan mampu diantisipasi dengan baik oleh Dikri.

BACA:  Persebaya Bertolak ke Lampung Hari Ini

Peluang berarti kembali didapatkan Green Force, kali ini melalui Aryn Williams menjelang menit ke-30. Menerima umpan dari sisi sayap kiri, Aryn melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti namun masih membentur mistar gawang. Skor kacamata bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Persebaya langsung tanpa gas menekan pertahanan badak lampung dari awal babak kedua. Tenaga baru dikerahkan Aji Santoso dengan memasukkan Osvaldo Haay menggantikan Oktafianus Fernando di menit ke-52.

Alih-alih mencetak gol, Persebaya justru tertinggal lebih dahulu dari tim tamu. Bermula dari set piece yang didapat Badak Lampung, tendangan Marquinhos mengenai pemain belakang Persebaya dan bergerak liar di depan gawang Miswar, Aulia Hidayat yang berlari tanpa kawalan menyambut bola dan melepaskan tendangan keras ke pojok gawang yang tak mampu diantisipasi Miswar. Persebaya tertinggal 0-1.

Tersengat dengan gol tim tamu, Bajol ijo langsung mengurung pertahanan Badak Lampung. Serangan cepat dari sisi sayap gencar dilakukan oleh Persebaya. Akhirnya Green force mampu memecah kebuntuan melalui titik putih. Bermula dari handsball pemain badak Lampung di dalam kotak penalti, Da Silva mampu memaksimalkan tendangan 12 pas dan menyamakan kedudukan. Skor kembali imbang 1-1 di menit ke-70.

BACA:  Kemenangan Persebaya, Kemenangan Bhinneka Tunggal Ika

Persebaya masih tak mengendurkan serangan setelah gol pertama. Masuknya Ruben Sanadi mengubah arah penyerangan Persebaya menjadi dominan dari sisi kanan. Hasilnya, persebaya berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 di menit ke-70 lagi-lagi melalui Da Silva. Menerima umpan crossing dari Ruben Sanadi, Da Silva menanduk bola mengarah ke pojok gawang yang tak mampu dibendung Dikri Yusron.

Meski telah unggul, persebaya tak ingin mengurangi intensitas serangan, Bajol Ijo masih menekan pertahanan Laskar Saburai, Namun masih belum mampu menambah keunggulan. Skor 2-1 bertahan hingga berakhirnya laga.

Sebuah kemenangan yang dinantikan para pendukung Bajol ijo yang menginginkan happy ending pada laga pamungkas liga 1 2019. Aji Santoso mampu mengakhiri musim bersama Persebaya dengan Raihan yang cukup impresif, di mana mampu tak terkalahkan selama ditunjuk menjadi Head Coach menggantikan Posisi Wolfgang Pikal.

Hasil ini membuat Persebaya untuk sementara berada di posisi runner-up klasemen sementara. Posisi yang masih belum aman karena masih rawan digusur oleh Persipura Jayapura jika mampu memetik kemenangan saat menjamu Borneo FC di hari Minggu (22/12). (rgl)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display