Hambali Tolib, Chanathip Songkrasin-nya Indonesia

152
Hambali Tolib. Foto: Nova Aji/EJ

EJ -- Tubuhnya boleh mungil, namun kemampuannya menggocek bola sangat mengagumkan. Kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar mengingatkan kita kepada gelandang serang asal Thailand, Chanathip Songkrasin. Wajahnya yang imut pun juga semakin membuat keduanya semakin mirip.

Ciri-ciri di atas merupakan deskripsi singkat dari pemain terbaru Persebaya, Hambali Tolib. Penampilan memikatnya musim lalu bersama Persela membuat tim berjuluk Bajol Ijo tersebut rela mengeluarkan biaya transfer karena Hambali masih terikat kontrak bersama Persela hingga 2020.

Hambali merupakan salah satu wonderkid yang dimiliki oleh Indonesia pada saat ini. Ia pertama kali mencuri perhatian pada tahun putaran kedua Liga 1 2018 saat memperkuat Sriwijaya FC. Salah satu penampilan terbaiknya adalah saat pertandingan Persija vs Sriwijaya FC (24/11/2018) lalu. Pada saat itu ia berkali-kali merepotkan lini tengah dan lini belakang dari Macan Kemayoran. Satu key pass yang ia beri kepada Yogi Rahadian berhasil membuat Yogi memberikan assist kepada Manuchekhr Dzhalilov.

Pada musim 2019 ia hijrah ke Persela. Bermain bersama tim Laskar Joko Tingkir, Hambali semakin menunjukkan sinarnya. Penampilannya pada Piala Presiden 2019 berhasil membuat banyak pecinta sepakbola berdecak kagum. Bahkan ia juga berhasil mencetak gol spektakuler ke gawang Arema FC pada (27/5/2019) lalu. Berkat penampilannya yang gemilang tersebut, Hambali mendapatkan trial bersama tim Kroasia MK Lokomotiva Zagreb dan tim Norwegia KFUM-Kameratene Oslo. Selain itu, di usianya yang baru menginjak 19 tahun pada 2019 ia berhasil masuk skuad timnas U-23 dalam ajang Merlion Cup.

Dengan semakin matangnya Hambali serta mendapatkan mentor sekelas Makan Konate dan Rendi Irwan, ia diprediksi akan menjadi rising star Persebaya pada musim ini. Apalagi sebagai mantan pelatihnya di Persela, Aji Santoso tentu sudah mengenal kualitas pemain kelahiran Makassar tersebut. (mni)

Profil Hambali Tolib
Nama Lengkap: Muhammad Hambali Tolib
TTL: Makassar, 20 Juni 2000
Tinggi: 166 cm
Posisi: Gelandang Serang

Karir

Junior
SKO Ragunan
2016-2018 Sriwijaya FC

Senior
2018 Sriwijaya FC
2019 Persela
2019 MV Lokomotiva Zagreb (trial)
2019 KFUM-Kameratene Oslo (trial)
2020 Persebaya

Timnas
2019 Timnas U-23

Bayu Nugroho Tak Terbayang Gabung Green Force

Komentar Artikel