Pertanyakan Etika Persebaya, Tira Persikabo Klaim Masih Pemilik Sah Abduh dan Angga

Angga Saputra. Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Polemik kepemilikan Abduh Lestaluhu dan Angga Saputra antara Persebaya dan Tira Persikabo terus berlanjut. Tira Persikabo mengklaim jika kedua pemain itu masih menjadi milik sah klub yang bermarkas di Bogor itu.

Melalui Direktur Pengembangan Bisnis, Rhendie Arindra, Tira Persikabo memiliki bukti bahwa keduanya masih menjadi pemain mereka. Bukan surat kontrak melainkan surat tugas dari kesatuan Abduh dan Angga yang merupakan anggota TNI.

“Ceritanya, Persebaya mengontrak Abduh dan Angga tanpa pemberitahuan ke kami. Sementara, dua pemain ini masih milik kami,” ujar Rhendie Arindra, seperti dikutip dari Bola.com.

“Di luar itu, ini masalah administrasi yang memang biasanya dikeluarkan oleh kesatuannya. Kami pada prinsipnya, setahu kami anggota TNI itu punya surat tugas dari kesatuannya. Kalau surat tugas jatuh ke Persebaya Surabaya, ya sudah.”

Iklan

“Kalau jatuhnya ke kami, masa Persebaya Surabaya tak terima. Kami juga dari awal tak begitu ngotot sebab setahu kami, mereka masih pemain kami dari musim lalu. Sudah ada pula pembicaraan untuk perpanjangan kontrak,” jelas Rhendie.

BACA:  Angga Saputra, Kiper yang Sekaligus Anggota TNI AD

Tira Persikabo mengaku kaget saat keduanya diumumkan resmi menandatangani kontrak dengan Persebaya. Angga Saputra sempat berlatih bersama Persebaya pada 8 Januari lalu. Namun Angga mendadak dipanggil kesatuannya beberapa hari jelang launching tim. Sementara Abduh tidak pernah datang dan hanya diumumkan sebagai pemain Persebaya saat launching 8 Februari lalu.

Persebaya sendiri mengaku jika Abduh dan Angga telah menandatangani kesepakatan. Keduanya bahkan telah menerima uang DP.

Pertanyakan Etika Persebaya

Tira Persikabo juga mempertanyakan etika Persebaya yang tidak memberitahu jika akan merekrut Abduh dan Angga. Minimal, Persebaya menghubungi pihaknya untuk menanyakan status keduanya.

“Walau kontrak keduanya cuma per tahun, ada etika. Contohnya begini. Jurgen Klopp marahnya setengah mati saat Sadio Mane digoda Real Madrid,” kata Rhendie.

“Sama halnya saat kami mengontrak dua pemain Badak Lampung, kami komunikasi dengan pihak sana. Lalu kami ke PSIM Yogyakarta, saat ambil Aditya Putra Dewa. Dia kapten di sana. Saya hubungi juga manajemen PSIM, bahwa sang pemain punya peluang bermain di Liga 1. Dan alhamdulillah mereka dukung karier pemain,” tambah Rhendie.

BACA:  Angga Saputra Kembali Bergabung dengan Persebaya

Saat ini, Abduh telah berlatih bersama Tira Persikabo setelah beberapa waktu menghilang. Sementara Angga belum Nampak dalam latihan tim yang berkandang di Stadion Pakansari itu. Manajemen mengaku telah melayangkan teguran kepada Abduh dan Angga. Meski begitu, Tira Persikabo tetap menerima keduanya dengan tangan terbuka.

“Kami menganggap keduanya masih pemain kami. Kami sudah tegur keduanya. Kami juga punya sisi kemanusiaan. Manusiawi juga, mereka sedang bingung saat ini. Jadi, kami kasih waktu. Di sisi lain, Abduh dan Angga pemain inti kami sehingga sangat dibutuhkan di tim,” pungkas Rhendie.

Belum ada tanggapan resmi dari Persebaya terkait klaim Tira Persikabo. Asisten pelatih Mustaqim mengatakan jika pihaknya masih menunggu kedatangan Angga untuk menambal kekurangan posisi kiper. “Insya Allah besok datang. Angga juga Insya Allah datang,” ujar Mustaqim usai latihan di Lapangan Polda Jatim, Minggu (16/2) pagi. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display