Harapan untuk Bonek, Ayo Jaga Sikap Dewasa!

357
BDRT bersama Ivo Ananda melakukan penyemprotan disinfektan di sudut-sudut Surabaya. Foto: Persebaya

Sepak bola bukan hanya soal pemain atau klub namun juga tentang suporter. Dulu ketika orang mengingat kata ‘Bonek’, konotasinya rata-rata akan selalu negatif; rasis, anarkis, dan sering rusuh. Bonek sadar akan hal itu dan mencoba memperbaiki diri.

Segala upaya dilakukan oleh Bonek untuk memperbaiki image di depan publik. Bonek memberikan boneka untuk penderita kanker di Jawa Timur, berdonasi untuk bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita di berbagai tempat, membagi-bagikan bunga dan gorengan untuk pengendara plat N, hingga menjaga keamanan gereja pasca ledakan bom di Surabaya.

Perbuatan mulia yang dilakukan Bonek disegani dan diapresiasi di mana-mana. Sekarang reputasi Bonek di kalangan masyarakat sudah mulai positif. Publik mengenal sifat dari suporter Persebaya ini sudah mulai dewasa. Berlaga away sudah tidak rusuh, dapat menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat sekitar, serta dapat memberikan dukungan positif terhadap tim.

Di pandangan banyak orang, Bonek sudah menjadi suporter terbaik se-dunia; dari yang terkenal suka rusuh sekarang menjadi suporter paling dewasa. Sekarang sudah hampir tak ada pemberitaan negatif tentang Bonek di media!

Memang image Bonek sudah berubah di kalangan publik, namun diperlukan tekad untuk mempertahankan reputasi yang sudah dibangun. Ayah saya selalu mengatakan, “membangun sebuah bangunan itu mudah, namun merawatnya itu yang sulit”. Memang Bonek sudah berbenah, namun harapan penulis Bonek bisa terus menjaga nama baik Bonek di kalangan masyarakat.

Untuk saat ini situasi sedang tidak kondusif untuk keluar rumah. Maka dari itu, penulis menyarankan agar Bonek dapat melakukan kegiatan sosial seperti menggalang donasi untuk upaya penanggulangan covid-19 namun tetap mengikuti anjuran pemerintah agar tetap berada di rumah. Dengan melakukan itu, penulis meyakini nama baik Bonek sebagai pendukung Persebaya yang juga adalah komunitas yang berbakti pada sosial pasti akan semakin terasa.

BACA:  Perjuangan Persebaya

Upaya penanggulangan covid-19 yang dilakukan Bonek dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bonek dapat mendonasikan uang atau membagi-bagikan sembako. Bonek juga bisa membelikan masker dan APD (alat pelindung diri) untuk petugas medis yang sedang berjuang di garis depan melawan virus corona ini. Mari kita sama-sama buktikan bahwa sekarang Bonek sudah betul-betul berubah dan Bonek adalah solusi bagi masyarakat! (*)

*) Tulisan ini adalah salah satu tulisan yang diikutkan dalam “EJ Sharing Writer Contest” edisi Mei 2020. Dengan tema Persebaya dan Harapan Masyarakat, kontes dibuka hingga 31 Mei 2020. Kirim tulisanmu ke email: [email protected]

Komentar Artikel