Bonek Berubah, Siapkah?

Foto: Bonek Jayapura
Iklan

Apa yang kalian tahu tentang Persebaya?

Jika jawaban kalian adalah Bonek pendukung setianya yang suka rusuh dan onar, maka kalian sudah termakan media yang selalu menyudutkan bonek.

Asal kalian tahu ketika peristiwa berdarah perobekan bendera di Hotel Yamato pada waktu itu adalah arek-arek suroboyo yang dengan lantang dan wani melawan penjajah. Namun pada waktu itu belum populer nama Bonek. Dari situ berani dan pantang menyerah menjadi simbol dan karakter arek arek suroboyo sampai sekarang.

Begitupun dalam mendukung Persebaya, tim kesayangan arek-arek Bonek. Mereka akan loyal dan pantang menyerah karena sudah tertanam sifat itu dari dulu. Sehingga ketika tim Persebaya bertandang di mana pun pasti Bonek akan datang tanpa memikirkan bahaya apapun. Lantas kemudian muncul kasus kerusuhan antar suporter, Bonek melawan polisi, perguruan silat bahkan ormas.

Iklan

Memang harus diakui itu semua pernah terjadi. Namun bukan semata-mata Bonek terus yang disalahkan. Bonek hanya korban segelintir oknum yang memprovokasi sehingga terjadi bentrokan

BACA:  Persebaya Bukan Segalanya Tapi Selamanya

Namun apa yang Bonek sekarang lakukan?

Memang harapan masyarakat sangat tinggi untuk perubahan Bonek ke depan. Itu semua karena banyak juga masyarakat yang merasa bahwa Bonek itu besar dan kuat. Tentunya akan semakin hebat jika membuat perubahan yang sangat besar.

Hal itu perlahan dijawab oleh Bonek. Semakin banyak kesadaran dari individu Bonek untuk memulai perubahan, di antaranya ketika bencana alam banyak sekali elemen Bonek dari tiap kota melakukan penggalangan dana untuk korban terdampak dan hasilnya sangat luar biasa terasa. Beratus juta dana terkumpul dan disumbangkan untuk korban bencana alam. Dan hal itu semakin rutin dilakukan di tiap-tiap kota yang ada komunitas Bonek.

Kemudian Bonek melakukan aksi hujan boneka dan disumbangkan ke anak-anak penderita kanker ataupun disabilitas. Tak berhenti di situ, bahkan Bonek juga membuat panti asuhan di Sidoarjo dan juga mushola di Nganjuk. Itu semua membuat Persebaya semakin bangga melihat perubahan bonek yang cukup positif.

BACA:  Like Father Like Son, Kisahku Mengenal Persebaya Bersama Ayah

Namun pandangan masyarakat masih ada juga yang negatif. Karena beberapa oknum Bonek memang masih kurang memiliki kesadaran pentingnya sikap positif suporter terhadap timnya.

Tapi harapan masyarakat masih sangat tinggi yang ditujukan kepada Bonek untuk selalu membuat gerakan yang besar.

Siapkah Bonek menjawab harapan itu?

Mari kita buktikan! (*)

*) Tulisan ini adalah salah satu tulisan yang diikutkan dalam “EJ Sharing Writer Contest” edisi Mei 2020. Dengan tema Persebaya dan Harapan Masyarakat, kontes dibuka hingga 31 Mei 2020. Kirim tulisanmu ke email: [email protected].

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display