Wisata Bola dan Museum Persebaya

Jersey koleksi anggota SJC yang dipamerkan. Foto: dok SJC
Iklan

Suatu ketika bertanya dalam hati saat melihat tayangan One Stop Football tentang room tour ke stadion San Siro Milan, apakah kelak Persebaya bisa seperti ini? Membuat sebuah wisata baru di dunia sepak bola Indonesia. Mungkin nanti akan menjadi satu-satunya di Indonesia yang dimiliki klub profesional. Secara Persebaya adalah tim dengan segudang prestasi dan sejarah. Sayangnya beberapa kurang tercatat dan mungkin sirna ditelan waktu, daripada hilang tertelan zaman alangkah lebih baik kalau dibuatkan sebuah museum.

Mencoba untuk berandai-andai jika Persebaya memiliki museum klub sendiri, mungkin bisa untuk menjadi salah satu opsi sumber pemasukan klub sendiri. Dilihat dari fans pun Persebaya memiliki modal yang besar dan kuat, Menurut saya, fans pasti bersedia jika diminta turut andil dalam pembangunan museum ini baik materi maupun tenaga yang dikeluarkan. Wong memperjuangkan Persebaya mati suri aja sanggup apalagi hanya membantu pembangunan museum. Apalagi sekarang ada komunitas Pemerhati Sejarah Persebaya yang bisa membantu dalam pembangunan museum Persebaya. Jika ingin menambah dengan dekorasi Jersey, saat ini telah ada komunitas Surabaya Jersey Community yang bisa diajak untuk turut andil dan Bonek lainnya pun bisa turut andil.

BACA:  Persebaya Perlu Belajar dari Kesuksesan Klub-Klub Asal Jepang

Tidak hanya wisata museum saja, Persebaya bisa menambah variasi wisata bola dengan tour sejarah bola dengan mengelilingi lapangan-lapangan sepak bola bersejarah yang ada di Surabaya. Dengan sedikitnya literasi tentang sejarah lapangan-lapangan bola di Surabaya ini menjadi sebuah terobosan bagi semua penggiat sejarah Surabaya untuk menambah referensi hunting tempat sejarah Surabaya.

Tentunya wisata bola Surabaya ini mencakup seluruh lapisan masyarakat sebagai upaya melek sejarah bola Surabaya khususnya Persebaya. Bisa juga mencakup suporter away yang akan bertandang ke Surabaya. Manajemen Persebaya bisa menyediakan paket bagi suporter away yang akan ke Surabaya. Selain menikmati laga yang berlangsung, suporter away akan mendapatkan paket wisata bola surabaya dengan mengunjungi museum Persebaya dan mengelilingi sejarah sepak bola kota pahlawan dan mungkin bisa mampir ke tempat oleh-oleh khas Surabaya. Hal ini secara tidak langsung memberikan kontribusi terhadap geliat ekonomi lokal Surabaya.

Iklan
BACA:  Cinta dan Dedikasi Pada Persebaya

Selain menumbuhkan geliat ekonomi lokal, manfaat yang mungkin dapat diambil dari adanya wisata bola Surabaya adalah masyarakat dapat mendapat informasi sejarah klub kebanggaan arek-arek Suroboyo ini. Ya tentunya generasi-generasi baru suporter Persebaya agar lebih mengerti sejarah klub kebanggaannya. Bukankah suporter yang besar adalah yang menghargai sejarah klubnya?.

Tentunya ini semua hanya sebuah angan-angan dan harapan saya terhadap Persebaya, apalagi masih belum ada klub di Indonesia yang mengambil peluang ini. Ya semoga saja terjadi di keesokan hari. (*)

*) Tulisan ini adalah salah satu tulisan yang diikutkan dalam “EJ Sharing Writer Contest” edisi Mei 2020. Dengan tema Persebaya dan Harapan Masyarakat, kontes dibuka hingga 31 Mei 2020. Kirim tulisanmu ke email: [email protected].

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display