Sudah Empat Tahun di Surabaya, Irfan Jaya Belum Lancar Berbahasa Jawa

1
Irfan Jaya. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ -- Meskipun sudah berada di Persebaya sejak 2017, Irfan Jaya ternyata belum fasih menggunakan bahasa Jawa sebagai alat untuk dialog sehari-harinya. Hal tersebut terungkap dari kanal YouTube Hamka Hamzah saat Irfan diwawancarai oleh Hamka.

Pada video tersebut Hamka mencoba mengetes pengetahuan Bahasa Jawa Irfan. “Nandi, opo opo rek, mlebu, metu,” ucap Irfan ketika ditanya Hamka mengenai kosakata Bahasa Jawa yang ia ketahui.

Selain itu Hamka juga meminta Irfan untuk menerjemahkan, “awakmu iku apartemene iku dalane opo daerahe endi?”, “Kamu tinggal di apartemen jalan mana?” jawab Irfan dengan terbata-bata.

Irfan juga mengakui bahwa ia paham ketika mendengarkan orang berbahasa Jawa namun ia tidak bisa ketika disuruh berbicara bahasa Jawa. Hal tersebut dikarenakan selama hampir empat tahun di Surabaya, Irfan sekamar dengan istrinya atau M. Hidayat ketika laga away.

“Soalnya ketika di Surabaya saya sekamar sama istri, tidak dengan teman-teman. Sering sekamar juga dengan orang Kalimantan M. Hidayat kalau tur,” ujar Irfan mengenai alasannya belum lancar berbahasa Jawa.

Selain itu Irfan juga mengatakan bahwa makanan favoritnya selama di Surabaya adalah tahu tek. Ketika ditanya Hamka mengenai alasannya Irfan menjawab, “Karena saya suka bumbu kacang, Bang (Hamka).”

Pemain dengan nomor punggung 41 tersebut juga mengatakan bahwa ia kurang suka dengan Rawon. “Kalau Rawon tidak terlalu suka Bang, lebih enak Coto Makassar,” imbuhnya. (mni)

Kegigihan Seorang Irfan Jaya, bangga membela Persebaya dan ingin Mengharumkan Nama Timnas Indonesia

Komentar Artikel

BACA:  Irfan Jaya Termotivasi Ingin Tampilkan Permainan Apik di Persebaya