Cara Melihat Data Lengkap Persebaya Sejak Kompetisi Musim 1930

SIVB di era 1936 Foto: Repro "Soerabaijasch Handeslblad 22 Mei 1936 by Historia.id

Sejak berdiri pada tahun 1927 lalu, Persebaya telah menjalani kompetisi yang sangat panjang. Namun tidak banyak sumber acuan yang mendokumentasikan perjalanan Persebaya pada zaman dahulu. Baru-baru ini saya menemukan salah satu situs bermanfaat bagi para pecinta sepak bola yang menyajikan data dan rekap hasil pertandingan sejak era lama.

Data berharga tersebut dimuat dalam website The Rec. Sport Soccer Statistics Foundation (RSSSF) yang dibuat pada Januari 1994 lalu. Situs ini fokus pada koleksi statistik tentang sepak bola dan memiliki kontributor terpercaya melalui sumber literasi. Dalam website RSSSF data kompetisi Indonesia yang tersedia paling lama sebenarnya era kompetisi 1904-1905, dimana saat itu masih era kolonial. Data yang tersedia musim 1904-1905 adalah kompetisi liga yang digelar di Batavia. Sedangkan data yang terbaru adalah kompetisi saat ini, Liga 1 2020.

BACA:  SIVBĀ Untold Stories (2): Pasang Surut Hubungan Dua Bond (SIVB & SVB) Surabaya

Kita bisa menemukan data Persebaya tentang rekap hasil pertandingan dan klasemen pada tiap tahun kompetisinya. Kita bisa mulai melacak data Persebaya tersebut mulai 1930, tiga tahun setelah Bajul Ijo berdiri dengan nama S.I.V.B. (nama lama Persebaya). Berikut tata cara menggunakan situs ini berdasarkan pengalaman saya.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel