Cara Melihat Data Lengkap Persebaya Sejak Kompetisi Musim 1930

168
SIVB di era 1936 Foto: Repro "Soerabaijasch Handeslblad 22 Mei 1936 by Historia.id

Sejak berdiri pada tahun 1927 lalu, Persebaya telah menjalani kompetisi yang sangat panjang. Namun tidak banyak sumber acuan yang mendokumentasikan perjalanan Persebaya pada zaman dahulu. Baru-baru ini saya menemukan salah satu situs bermanfaat bagi para pecinta sepak bola yang menyajikan data dan rekap hasil pertandingan sejak era lama.

Data berharga tersebut dimuat dalam website The Rec. Sport Soccer Statistics Foundation (RSSSF) yang dibuat pada Januari 1994 lalu. Situs ini fokus pada koleksi statistik tentang sepak bola dan memiliki kontributor terpercaya melalui sumber literasi. Dalam website RSSSF data kompetisi Indonesia yang tersedia paling lama sebenarnya era kompetisi 1904-1905, dimana saat itu masih era kolonial. Data yang tersedia musim 1904-1905 adalah kompetisi liga yang digelar di Batavia. Sedangkan data yang terbaru adalah kompetisi saat ini, Liga 1 2020.

Kita bisa menemukan data Persebaya tentang rekap hasil pertandingan dan klasemen pada tiap tahun kompetisinya. Kita bisa mulai melacak data Persebaya tersebut mulai 1930, tiga tahun setelah Bajul Ijo berdiri dengan nama S.I.V.B. (nama lama Persebaya). Berikut tata cara menggunakan situs ini berdasarkan pengalaman saya.

Halaman Kompetisi PSSI 1930-1950

Ini adalah halaman yang salah satunya memuat data tentang kompetisi PSSI pada musim 1923 sampai 1950. Dimana pada 1923 saat itu belum ada Persebaya, masih diwakili oleh nama kota yakni Surabaya.

Gambar 1. Rekap Kompetisi PSSI 1923-1950

Gambar diatas adalah rekap juara pada kompetisi PSSI 1923 – 1950. Untuk melihat data lebih detail, kita bisa klik hyperlink yang ada pada tahun. Dalam halaman utama ini tidak hanya memuat hasil kompetisi PSSI saja, tetapi juga ada sejarah singkat tentang sepak bola Surabaya era kolonial. Halaman ini bisa diakses melalui URL berikut: Rekap PSSI 1923-1950 (RSSSF).

Halaman Utama Perserikatan

Pada halaman ini, tersedia rekap utama hasil kompetisi selama era Perserikatan. Misalnya kita ingin melihat detail Persebaya (saat itu Persibaya) yang berhasil menjuarai kompetisi musim 1951 dan 1952. Untuk mendapatkan lebih detail tentang penjabaran hasil kompetisi, kita bisa klik hyperlink pada tahun. Misalnya kita ingin melihat perjalanan Persebaya pada musim 1951, maka kita klik tahun 1951. Kita akan diarahkan untuk melihat data lengkap kompetisi tahun 1951.

BACA:  Photo Contest SIVB X SUROBOYOGRAPH: Melihat Keindahan Soerabajasche Indische Voetbal Bond di Jalan Tunjungan

Untuk mengakses halaman Perserikatan, silahkan mengunjungi URL berikut: Perserikatan (RSSSF)

Gambar 2. List juara era Perserikatan

Lebih lanjut, bila terdapat tulisan NB: See the file Indonesia 19xx for additional details, maka kita beruntung karena musim tersebut ada penjabaran lebih detail lagi. Klik hyperlink yang ada pada Indonesia 19xx (xx adalah angka yang kita pilih).

Gambar 3. Link yang tersedia pada kompetisi musim 1951.

Jika menemukan link tersebut, kita bisa klik untuk melihat data statistik yang lebih detail.

Gambar 4. Detail perjalanan Persebaya pada musim 1951.

Seberapa lengkap data detailnya pada 1951 diatas? Menurut saya sangat lengkap. Dimulai dari hasil pertandingan, klasemen, bahkan sampai susunan pemain. Ini benar-benar luar biasa!

Era Galatama, Liga Indonesia, ISL, Sampai Sekarang

Setelah era Perserikatan, data lengkap yang tersedia juga mencakup kompetisi baru seperti Galatama, Liga Indonesia, Indonesia Super League, sampai Liga 1 saat ini.

Gambar 5. Data kompetisi yang tersedia mulai era Galatama dan Liga Indonesia sampai Liga 1.

Untuk musim sejak Galatama dan Liga Indonesia ini, bisa diakses di: Galatama & Liga Indonesia – Sekarang (RSSSF)

Cara penggunaan akses masih sama dengan sebelumnya, yakni klik hyperlink yang ada pada tahun, lalu kita akan diarahkan ke halaman khusus musim tersebut dengan data yang lebih mendetail pula. Ambil contoh, saya akan klik tahun 2004 dimana saat itu Persebaya menjadi juara Liga Indonesia.

Gambar 6. Halaman khusus tentang Liga Indonesia 2004

Pada halaman ini, tersedia info lengkap seputar data dan hasil Liga Indonesia 2004. Bahkan bukan hanya Divisi Utama saja, melainkan sampai Divisi Empat!

Halaman Kunci

Njelimet yo rek? Gampangnya kita harus paham konsep hyperlink. Jadi halaman tersebut berbasis teks, dan kita bisa berpindah halaman dengan meng-klik hyperlink yang tersedia (biasanya teks yang mengandung hyperlink akan berwarna biru). Agar lebih mudah lagi, saya sertakan halaman utama yang bisa dijelajahi lebih lanjut oleh dulur-dulur sekalian.

Era Kompetisi PSSI (1923 – 1950)
Perserikatan (1951 – 1994)
Era Galatama dan Liga Indonesia (1994 – 2020)

Itulah yang bisa saya bagi. Situs ini benar-benar memuat data yang berharga bagi sejarah sepak bola Indonesia dan layak menjadi acuan bagi penggemar sepak bola tentang perjalanan Liga Indonesia.

Oh ya, bagi dulur-dulur yang ingin melihat tulisan saya lainnya tentang Cara Mengakses Website Pertama Persebaya, bisa dibaca di sini. Matur Suwun.

Semoga bermanfaat.

Salam Satu Nyali, WANI!

Komentar Artikel