93 Tahun yang Tak Sia-Sia

233
Foto: Joko Kristiono/EJ

93 tahun itu bukan usia yang muda. Ibarat manusia, 93 tahun itu sudah tua dan sudah tidak memikirkan masa depan. Tapi kalau Persebaya dan Bonek tidak ada kata menyerah. Usia boleh tua tapi semakin tua kita harus semakin semangat, semakin solid, semakin Berjaya.

93 tahun kebanggaan yang pantas dibanggakan itu lahir dan berdiri tegak gagah dan tangguh dengan jiwa keras Surabaya dan keberanian rakyat Surabaya. Mungkin sekarang bisa disebut Bonek. Jika bicara Persebaya jangan lupa Bonek. Tanpa Bonek, Persebaya tidak akan ada apa-apanya, begitupun sebaliknya.

Dan apa yang dilakukan bonek dan persebaya selama 93 tahun ini? Terlalu jauh kalau kita perinci apa yang dilakukan Bonek dan Persebaya sejak 1927. Mungkin di dalam perjalanan banyak baik buruknya.

Manusia tak selalu benar. Memang, Bonek jaman dulu sudah banyak dianggap buruk oleh orang awam. Setiap ada kata Bonek pasti mengarah pada perilaku yang jelek. Tapi sekarang ke-wani-an dan kenekatan Bonek sudah berubah. Bukan tambah hilang ke-wani-annya tapi bonek sekarang sudah bisa menempatkan ke-wani-annya sendiri di tempat dan waktu yang tepat.

Banyak orang menganggap bahwa Bonek itu masih seperti dulu tapi omongan orang itu sebaiknya kita abaikan. Karena tujuan kita hanya utuk berusaha menjadi lebih baik. Apapun omongan orang tentang keburukan Bonek bakal dibalas dengan kebaikan Bonek.

Perjuangan Bonek selama 93 tahun ini mungkin sudah dihiasi oleh darah, nyawa, dan airmata. Dan perjuangan selama 93 tahun inipun juga dihiasi oleh bahagia dan duka. Namun semua itu tidak ada yang sia-sia.

Kadang perjuangan Bonek dibalas oleh Persebaya dengan kemenangan atau mungkin juara. Tapi yang harus kita ketahui, 93 tahun ini adalah bukti bahwa perjuangan Bonek kepada Persebaya dan perjuangan Persebaya membanggakan Bonek itu tidak ada matinya.

BACA:  Lika-Liku Menuju 93milang

Dan di 93 tahun ini mari kita berterima kasih kepada para pendiri Persebaya dan Bonek karena kita diberi perjuangan yang tak sia-sia. Dan justru perjuangan ini membuat kita bahagia dan bisa menikmati carut marutnya kehidupan dunia. (*)

*) Tulisan ini adalah salah satu tulisan yang diikutkan dalam “EJ Sharing Writer Contest” edisi Juni 2020. Dengan tema Arti Ultah 93 Persebaya Bagimu, kontes dibuka hingga 30 Juni 2020. Kirim tulisanmu ke email: [email protected]

Komentar Artikel