From Bonek To Persebaya, Sebuah Ekspektasi untuk Sang Kebanggaan

Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

Hari ini (18/6/20), klub kebanggaan Bonek dan Bonita berulang tahun yang ke-93. Saya percaya di tahun ke-93 ini adalah tahun golden age milik Persebaya. Dan karena itu saya menulis 9 harapan saya untuk Bajol Ijo agar dapat semakin berjaya dan berprestasi. Saya meyakini Persebaya sudah berada di jalur yang tepat, tinggal terus mengelaborasi semua komponen pendukungnya. Berjayalah Green Forceku, terbanglah dan semakin melejit!

Saya membuat akronim Persebaya yang menuangkan harapan dan ekspektasi saya untuk Persebaya ke depannya.

Prosperity (Makmur)
Everlasting (Kekal)
Respect (Dihormati)
Supporter (Bonek dan Bonita)
Enthusiastic (Antusias)
Belonging (Rasa saling memiliki)
Achievements (Berprestasi)
Young Players (Pemain muda)
Attractive (Menarik)

1. Prosperity

Iklan

Saya berharap tim ini semakin makmur dan sejahtera. Bukan hanya kuat di sisi finansial saja, namun juga dapat menjadi rumah yang memberi rasa ayem untuk seluruh elemen dalam Persebaya; manjemen, tim, official, dan juga suporter.

2. Everlasting

Persebaya harus menjadi tim yang selalu ada dalam kancah sepak bola nasional. Kultur sepak bola di Surabaya begitu kental, tentu ini bisa menjadi modal besar bagi keberlangsungan sebuah klub sepak bola

3. Respect

Semakin banyak yang respek kepada Persebaya, kita makin diakui sebagai kesatuan yang kompak. Dengan Bonek terus berbenah dan memperbaiki diri, masyarakat luas dapat menghormati Bonek sebagai suporter yang sudah dewasa. Memberi inspirasi dan contoh-contoh positif bagi klub lain, suporter lain, manajemen lainnya.

BACA:  93lora Semangat Persebaya

4. Supporter

Sebuah tim bukan hanya manajemen, tim, dan official; jangan pernah melupakan peran dari pemain ke-12. Persebaya memiliki pemain ke-12 yang diakui tangguh dan ampuh. Saya berharap Bonek dapat menjadi suporter yang loyal, selalu mengawal kebanggan dengan cara yang positif tanpa rasis, dan menjadi suporter yang sifatnya semakin dewasa.

5. Enthusiastic

Keantusiaan adalah kunci penting bagi semarak gelora sebuah klub sepak bola. Keantusiaan melahirkan sisi-sisi kreastif, penuh inovatif. Bonek harus semakin antusias dan semangat dalam mendukung tim kebangaan agar pemain dan official di dalam lapangan juga ikut tertular semangatnya. Semua ring yang mengelilingi Persebaya harus antusias menuju tujuan bersama, yakni Persebaya yang semakin berjaya.

6. Belonging

Bonek, manajemen, tim, dan official harus memiliki rasa saling memiliki. Rasa kekeluargaan harus semakin melekat agar menjadikan keempat elemen ini semakin erat dan dekat. Dengan begitu Persebaya dapat berfungsi dengan optimal sebagai satu keluarga dan dapat bergerak maju dengan lebih leluasa.

7. Achievements

Saya berharap ke depannya Bajol Ijo dapat mendapatkan semakin banyak gelar dan prestasi yang dapat mengikuti Persebaya kemanapun dan di mana pun berlaga. Laga selalu berakhir dengan kemenangan dan 3 poin sudah seperti makanan sehari-hari. Prestasi akan terus mengikuti asalkan tim dapat tampil maksimal dalam setiap laga. Saya percaya tim dan official sudah fokus pada hal ini.

BACA:  Bintang 93milang Itu Bernama Persebaya Surabaya

8. Young Players

Dengan coach Aji yang selalu identik dengan pemain muda, saya berharap ke depannya akan semakin banyak pemain muda berkualitas yang diorbitkan dari kompetisi internal. Dengan tangan dingin pelatih Persebaya, saya berharap kualitas mereka dapat terus berkembang. Permainan ciri khas Persebaya: ngeyel, ngosek, wani harus dapat disematkan kepada pemain muda yang diorbitkan.

9. Attractive

Persebaya harus menjadi tim yang semakin memikat dan menarik dalam segala sisi. Dimulai dari sisi finansial yang kuat, tim yang berprestasi, suporter yang dewasa, dan kompetisi internal yang berkembang. Dengan begitu saya meyakini Persebaya akan menjadi klub yang sustainable sesuai harapan semua kita. (*)

*) Tulisan ini adalah salah satu tulisan yang diikutkan dalam “EJ Sharing Writer Contest” edisi Juni 2020. Dengan tema Arti Ultah 93 Persebaya Bagimu, kontes dibuka hingga 30 Juni 2020. Kirim tulisanmu ke email: [email protected].

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display