93 Tahun Persebaya untuk Bonek dan Masyarakat Surabaya

Foto: Joko Kristianto/EJ

Selamat ulang tahun Persebaya! Ya, begitulah kalimat pembuka untuk tulisan kali ini. Tidak terasa memang, sudah 93 tahun Persebaya malang melintang dalam lika-liku kompetisi di Indonesia. Ragam prestasi pun sudah banyak ditorehkan. Mulai dari era perserikatan, hingga saat ini Persebaya berlaga dalam kompetisi kasta tertinggi Liga 1 Indonesia. Lalu sampai akhirnya Persebaya dikenal sebagai klub yang besar serta melegenda. Belum lagi antusiasme suporternya yang luar biasa, Bonek dan Bonita yang juga sebagai bagian dari masyarakat Surabaya.

BACA:  Lika-Liku Menuju 93milang

Namun, tulisan kali ini bukan hendak membahas perihal bagaimana superioritas Persebaya dalam perjalanan kompetisi sepak bola di Indonesia. Persebaya memang memiliki banyak prestasi dalam ranah persepakbolaan di negeri ini, namun apakah lingkup pergerakan Persebaya hanyalah dalam ranah sepak bola saja? Pernahkah Persebaya memiliki kegiatan non sepak bola dan itu mampu memberikan manfaat bagi Bonek dan masyarakat Surabaya?

Persebaya memang hebat dalam urusan sepak bola. Namun apabila kita menganggap Persebaya hanyalah sebatas sepak bola, maka kita salah. Jika kita coba melihat ke belakang, maka sudah banyak sekali event yang diadakan Persebaya yang ditujukan kepada Bonek dan masyarakat Surabaya. Tidak ada pengecualian khusus sebenarnya bagi siapa yang ingin ikut dalam event-event yang diadakan oleh Persebaya. Karena Bonek sendiri merupakan masyarakat Surabaya. Bahkan ternyata, Bonek juga bukan sebatas masyarakat Surabaya, banyak sekali Bonek yang asalnya bukan dari Surabaya. Ada yang di luar kota, luar pulau, bahkan sampai luar negeri.

Halaman 1 2 3 4

Komentar Artikel