Bonek dan Pengaruh Terhadap Persebaya

Foto: Joko Kristiono/EJ

“Karena itu, mulailah dari diri kita, jangan lelah untuk memberikan sosialisasi kebaikan sekecil apapun itu”

Bonek, siapa yang tidak kenal dengan nama suporter sepak bola yang fanatis ini? Bagaimana tidak, bonek kini terkenal karena fanatisme mereka terhadap tim kebanggan mereka, yaitu Persebaya.

Di manapun Persebaya bertanding hampir dapat dipastikan ada Bonek. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan bagi pihak Persebaya dan penyelenggara pertandingan, karena kehadiran suporter ini tentu saja akan membuat tiket yang disediakan saat itu jadi terjual. Belum lagi pada saat pertandingan Big Match dan Super Big Match kala Persebaya bertanding di Gelora Bung Tomo.

BACA:  Gold Fields U-19 Akan Hadir di GBT

Tidak berhenti sampai di situ saja, penjualan jersey Persebaya juga laku keras dalam kurun waktu yang singkat. Sehingga dari sini dulu, apabila kita lihat dari kacamata ekonomi, maka sudah jelas bahwa Bonek ini mampu mengambil sebagian besar persen sumber pemasukan dari tim Persebaya.

Sehingga apabila bonek tidak dapat hadir kala pertandingan Persebaya, maka Persebaya pun akan kehilangan beberapa persen pemasukan yang biasa mereka dapatkan dari Bonek. Hal ini pernah terjadi ketika Persebaya mendapatkan hukuman larangan bertanding dengan penonton, dikarenakan aksi Bonek yang kecewa kepada tim mereka saat bertanding dengan PSS Sleman pada lanjutan liga satu 2019 putaran kedua saat itu.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel