Bonek dan Pengaruh Terhadap Persebaya

Harapan kita memanglah dapat melihat hubungan kedua pihak ini sebagaimana simbiosis mutualisme. Contoh sederhananya, Bonek memberikan dukungan besar, Persebaya berhasil memetik kemenangan. Keduanya sama-sama untung.

Namun realitasnya tidak semanis yang kita harapkan, dan hubungan saling memberi pengaruh ini akan tetap terjadi. Entah itu pengaruh buruk ataupun baik yang akan diberikan, baik itu secara sadar maupun tidak. Melihat bahwa Bonek dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap Persebaya, maka sudah sepatutnya diperlukan sosialisasi kebaikan kepada Bonek supaya pengaruh besar itu senantiasa mengarah pada hal yang baik. Namun tidak sama dengan Bonek hanya memberikan pengaruh yang buruk.

BACA:  Divaldo Alves Berminat Latih Persebaya

Hal ini tentu saja berlaku kepada seluruh suporter di Indonesia. Supaya pada tiap-tiap lanjutan kompetisi yang diikuti oleh Persebaya, maka Bonek tetap bisa ikut hadir, dan tim Persebaya juga tetap dapat merasakan atmosfer dukungan yang diberikan oleh Bonek. Bentuk sosialisasi kebaikan bisa dilakukan dalam bentuk banyak hal.

Contoh yang bisa diambil adalah suatu tim yang bernamakan Bonek Disaster Response Team (BDRT). Sederhananya, BDRT ini adalah suatu inovasi yang pertama kali dilakukan oleh sekeolompok suporter di Indonesia yang berangkatnya dari rasa kepedulian sekaligus keprihatinan. Untuk penjelasan lengkapnya, pembaca dapat mampir di website greennord27.com.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel