Tut..Tut..Tut.. ke GBT

Metode bepergian ke stadion dengan kereta api adalah hal yang lumrah bagi suporter di negara maju seperti Inggris. Menurut riset yang dilakukan oleh Campaign for Better Transport (2013), kereta adalah pilihan utama bagi suporter tim tuan rumah di Premier League untuk pergi ke stadion.

Walaupun memiliki perbedaan kultural dan jumlah jaringan kereta api lokal, hal tersebut bukan tidak mungkin direalisasikan di Indonesia. Di Jakarta misalnya, banyak suporter tim ibu kota yang memanfaatkan KRL setiap kali pergi mendukung Andritany dkk berlaga di Gelora Bung Karno (GBK).

BACA:  Lawan PSKT di Piala Indonesia, Persebaya Maksimalkan Pemain yang Ada

Pembangunan kereta lokal menuju Stadion GBT merupakan pilihan moda transportasi yang menguntungkan bagi banyak pihak karena beberapa alasan.

Pertama, jika semakin banyak suporter yang bisa diangkut dengan kereta, tingkat kemacetan di berbagai jalan di Surabaya saat pertandingan berlangsung semakin bisa dikurangi.

Kedua, dengan berkurangnya volume kendaraan pribadi yang bergerak menuju Stadion GBT, keluhan pengguna jalan terhadap tindakan tidak perlu yang kadang dilakukan oleh sejumlah oknum supporter mungkin saja bisa berkurang.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel