Sepak Bola dan Perdamaian Dunia

Foto : Jawapos

Olahraga, terkhusus sepakbola menjadi alat yang efektif dalam berbagai upaya diplomasi perdamaian. Begitu banyak kisah soal ini. Saat perang dunia pertama, tepatnya malam natal dan hari natal tahun 1914 prajurit tentara Inggris dan tentara Jerman yang berseteru secara tidak resmi melakukan genjatan senjata, meskipun para pemimpin eropa tidak pernah mengeluarkan perintah gencatan senjata.

BACA:  Candra Wahyudi : Sudahi Saja!

Mereka menghentikan baku tembak dan berhenti saling membunuh. Pada malam itu, para prajurit dari kedua negara saling bertukar kado, bertukar rokok dan minuman, menyanyikan lagu natal, saling berjabat tangan, bercanda dan tidak lupa untuk bermain sepak bola bersama.

Pada tahun 1960-an, legenda sepakbola yang begitu terkenal asal Brazil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele berhasil menghentikan perang saudara yang sedang berkecamuk di Nigeria. Pele datang ke Kota Lagos, Nigeria pada tahun 1967, karena kedatangannya itu kedua kubu yang sedang berseteru sepakat untuk melakukan genjatan senjata selama 48 jam demi menyaksikan secara langsung Pele memainkan si kulit bundar dengan skill magisnya.

Halaman 1 2 3 4

Komentar Artikel