Catatan Untuk Shin Tae-yong dan PSSI

Mendatangkan Pogacnik tidak semudah mendatangkan sebuah barang import yang melawati proses mudah kemudian menjadi bahan konsumsi masyarakat Indonesia, Pogacnik harus memiliki ijin khusus bekerja dari pemerintah Yugoslavia.

Seperti yang ditulis Detik Sport, hikayat Antun Pogacnik 23 juli 2013, Maladi saat itu harus memutar otak dengan mengundang Timnas Yugoslavia B untuk hadir di Indonesia dan menyelanggarakan pertandingan persahabatan dengan Persija , Persebaya, PSSI Jateng, Persib dan Timnas Indonesia, itu pun juga harus dengan izin Presiden Soekarno, agar bisa mengibarkan bendera Yugoslavia dan para pemain Yugoslavia dapat mendengarkan lagu kebangsaan mereka.

Sejarah sudah banyak diciptakan oleh Antun Pogacnik untuk timnas Indonesia, bahkan dia merasa bahwa Indonesia selayaknya rumah bagi dia. Hingga skandal Senayan 1962 saat pemain timnas terlibat kasus suap karena faktor ekonomi kala itu.

Pogacnik sempat menangis meratapi pemainya yang hanya dibayar senilai beberapa butir telur dan sabun, hingga akhirnya tidak memiliki gairah melatih lagi, dan harus menunggu 1 tahun untuk mundur karena persoalan lutut, itupun Presiden Soekarno harus menunda keputusan pensiunnya 1 tahun.

Halaman 1 2 3 4 5 6

Komentar Artikel