Menemukan Dimensi Ibadah Dalam Sepak Bola

Pemain Persebaya setelah gol Sho Yamamoto ke gawang Borneo FC di Gelora Joko Samudro (3/2)/Foto : Joko Kristiono
Iklan

Sepakbola adalah olahraga yang sangat di gemari oleh banyak orang, dalam sepakbola sendiri bukan hanya sekedar permainan namun ada banyak hal yang terkandung di dalamnya. Dari mulai olahraga, doa, persaudaran, perjuangan, senang, tolong – menolong dan haru.

Dalam hal ini membuktikan bahwa sepakbola dapat di katakan sebagai media untuk mendapatkan pahala yang tidak terduga, mengapa demikian? Karena sepakbola sama halnya dengan manusia mau di bawa kemana ya itu yang kamu dapatkan, kalau kamu meniatkan diri untuk berbuat kebaikan akan mendapatkan kebaikan, sebaliknya jika kamu meniatkan diri untuk berbuat tercela kamu akan menadapatkan kemudaratan.

Jika kita lihat lagi banyak hal yang di lakukan ketika kita mau melihat satu pertandingan, niat awal mendukung dengan perasaan yang bahagia, bersilahturami dengan teman, bernyanyi dengan lantang (jika ucapan adalah doa berarti ketika kita bernyanyi untuk klub kebanggan bisa katakan kita berdoa agar klub mencapai target yang di idamkan), membuat orang lain tersenyum, berserah diri kepada Tuhan ketika pertandingan berlangsung apapun hasilnya, dan mengikhlaskan ketika tim mengalami kekalahan.

BACA:  Jadilah Leader Bukan Boss

Mari kita melihat kebelakang dengan tragedi – tragedi yang pernah terjadi membuktikan bahwa kuasa Tuhan itu nyata dan langsung di bayar tuntas, hal – hal yang seharusnya tidak terjadi namun terjadi karena banyak sekali kemudaratan maka Tuhan memberikan sebuah teguran keras kepada kita agar belajar dan muhasabah, jika sesuatu mengalahkan Tuhan maka Dia tidak akan tinggal diam.

Iklan
BACA:  Sebuah Kecintaan Bonek Luar Kota Pada Persebaya

Hal ini memberikan pelajaran bahwa setiap apapun kegiatannya kita harus lakukan dengan tujuan yang positif agar mendapatkan keberkahan di dalamnya, baik itu nanti hasilnya tidak sesuai dengan harapan namun kita akan belajar apa itu rasa bersyukur.

Jadi mari kita menemukan dimensi ibadah dalam setiap kegiatan termasuk dalam sepakbola karena disana sebenarnya juga banyak sekali manfaatnya untuk pribadi dan orang sekitar. Ketika kita berhasil menemukan dan menerapkannya maka Tuhan akan memberikan kemudahan ketika kita menjalaninya.

Harapan saya untuk pembaca semoga kalian merefleksikannya dalam kehidupan dan meyakini bahwa tidak ada yang lebih berkuasa dari Tuhan, jika Tuhan berkata maka itu akan terjadi.

Salam Satu Nyali… Wani!!!

 

 

 

 

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display