Indonesia U19 Juara di ASEAN U19 Boys Championship 2024

Doni Tri Pamungkas kapten tim Indonesia U19 mengangkat piala ASEAN U19 Boys Championship 2024 di Gelora Bung Tomo, Senin (29/7) malam/Foto: PSSI
Iklan

EJ – Indonesia U19 meraih juara pada ajang ASEAN U19 Boys Championship 2024. Pada laga puncak di stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7) malam Kadek Arel dkk kalahkan Thailand U19 dengan skor 1-0.

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh oleh Jens Raven, pada menit ke-18. Jens dengan tenang menjaringkan bola di depan gawang Thailand usai mendapatkan umpan sundulan kepala dari Kadek Arel yang menerima bola dari tendangan sudut Kafiatur.

Raihan juara ini terasa lengkap karena sejak babak grup anak asuh Indra Sjafri selalu meraih kemenangan. Menang melawan Filipina 6-0, Kamboja 2-0 dan 6-2 di laga terakhir grup A melawan Timor Leste. Pada babak semifinal mengalahkan Malaysia dengan 1-0.

“Pertama, saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah, SWT karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2023, tahun ini 2024, ada Piala AFF U-19. Dan tentu untuk saya, itu menjadi motivasi agar berbuat yang lebih baik lagi,” kata Indra seusai laga.

Iklan

Indra Sjafri selalu mengatakan bahwa kejuaraan ini hanya sasaran antara karena tujuan utama adalah lolos kualifikasi Piala Asia. Indra juga memberikan apresiasi untuk semua kerja keras anak asuhnya.

“Yang kedua tentu ini trofi dan medali untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang tujuh bulan ya, dari mulai Januari. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia. Kami sangat yakin,” terang Indra.

Toni Firmansyah saay membela Indonesia U19 di ajang ASEAN U19 Boys Championship 2024 di Gelora Bung Tomo/Foto: Joko Kristiono

Dalam tim Indonesia U19 Toni Firmansyah satu-satunya pemain dari Persebaya turun sebagai pemain pengganti di babak pertama menggantikan Kafiatur yang cidera bermain sangat solid. Satu peluang didapatkan saat tendangan bebasnya menyusur tanah dapat diselamatkan penjaga gawang Thailand.

“Alhamdulillah bisa meraih juara ini. Semoga kami bisa memberikan yang lebih baik lagi,” kata Toni sambil jalan menuju bis pemain seusai laga.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display