Empat Kompetisi dan Aksi untuk Rebranding Bonek Lawan Stigma Negatif

Direktur Operasional Persebaya, Puji Agus Santoso, di acara Bonek Conference. (Foto: Official Persebaya)

EJ – Selama ini, Bonek diberi stigma negatif oleh beberapa pihak. Berbagai pemberitaan jelek seputar Bonek membuat stigma pendukung fanatik Persebaya semakin negatif. Manajemen baru mencoba melawan stigma itu dengan tujuan mengikis image Bonek yang dianggap jelek.

Manajemen mengambil langkah untuk me-rebranding nama Bonek dari yang semula Bondo Nekat menjadi Bondo, Nekat, dan Kreatif. Untuk mendukung rebranding ini, manajemen membuat tagline Lets Do the Creative Thing.

“Tagline ini mempunyai dua option, yakni aksi dan kompetisi,” ujar Direktur Operasional Persebaya, Puji Agus Santoso, di acara Bonek Conference yang diadakan di Graha Pena, Kamis (16/2).

Untuk kompetisi, setidaknya ada empat kompetisi yang akan digelar manajemen yang ditujukan untuk Bonek, yaitu kompetisi desain logo Bonek, kompetisi lagu Persebaya, Bonek entrepreneur, dan kompetisi aksi tribun.

  1. Kompetisi desain logo Bonek (Bondo, Nekat, Kreatif)

Kompetisi ini untuk perorangan. Setiap peserta wajib mencantumkan deskripsi logo yang dibuatnya.

  1. Kompetisi lagu Persebaya

Kompetisi untuk membuat lagu-lagu bertema Persebaya. Durasi setiap lagu yang dibuat antara 2-5 menit.

  1. Bonek entrepreneur

Kompetisi ini untuk mencari perorangan atau kelompok yang bisa membuat proposal bisnis untuk kelas kecil sampai menengah. Peserta bisa perorangan hingga tiga orang per proposal. Proposal bisnis yang berhubungan dengan Persebaya. Uniknya, Presiden Klub Persebaya, Azrul Ananda, akan menjadi jurinya.

  1. Kompetisi aksi tribun

Kompetisi ini untuk mencari aksi dukungan untuk Persebaya paling kreatif di tribun. Peserta bebas, boleh perorangan atau grup. AKsi dukungan tidak boleh menggunakan SARA, kata-kata kotor, ataupun menghina tim lawan.

Sementara untuk aksi, manajemen akan membuat berbagai kegiatan positif dengan melibatkan Bonek. Di antaranya Bonek Berbagi, Bonek Safety Riding, dan Bonek Conference.

BACA:  Manajemen Wacanakan Tribun Bebas Asap Rokok dan Ramah Anak

“Jika teman-teman Bonek mempunyai usulan aksi, silakan memberi usulan. Dalam setahun, selain kita bertemu di stadion, kita bisa melakukan kegiatan atau aksi di luar stadion,” pungkas Puji. (iwe)

  • yahya

    Kapan itu akan diselenggarakan untuk kompetisi atau lombanya min ?