Arema, Persib, Sriwijaya, PBFC Ajak Uji Coba Persebaya

Atmosfer pertandingan uji coba Persebaya melawan PSIS. (Foto: Iwan Iwe/EJ)

EJ – Laga bertajuk Homecoming Game pada Minggu (19/3) lalu di Stadion Gelora Bung Tomo membuat nama Persebaya kembali terangkat di kancah persepakbolaan nasional. Atmosfer pertandingan melawan Persebaya kini menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah klub Tanah Air. Tak hanya itu saja, kekuatan Persebaya yang kini mengandalkan pemain-pemain muda juga membuat Bajul Ijo menjadi incaran klub lain sebagai lawan tanding.

Salah satu klub yang sudah menyatakan minat menjadikan Persebaya sebagai lawan uji coba adalah Pusamania Borneo FC. Bahkan, Presiden PBFC Nabil Husein dikabarkan sudah mengontak pelatih Iwan Setiawan soal kemungkinan laga PBFC melawan Persebaya.

PBFC yang merupakan runner-up Piala Presiden 2017 ingin menjadikan Persebaya sebagai lawan uji coba setelah melihat bagaimana atmosfer laga kandang Green Force di Stadion Gelora Bung Tomo.

“Jadi, anak-anak bisa merasakan bermain di depan puluhan ribu suporter yang sangat fanatik. Ini tentunya menjadi tes mental yang sangat bagus untuk pemain,” ucap Nabil, seperti dikutip dari Jawa Pos.

Selain PBFC, dua klub dengan basis suporter besar yakni Sriwijaya FC dan Persib Bandung juga sudah menyatakan ketertarikan untuk menggelar laga uji coba melawan Persebaya.

Sekretaris Sriwijaya FC, Achmad Haris menyatakan bahwa Persebaya dengan dukungan suporter fanatiknya bisa mendatangkan dampak positif bagi tim mana saja yang menjadi lawan uji coba.

“Kami akan mencari waktu yang tepat untuk bisa bertanding dengan Persebaya,” ungkap Haris.

Sementara itu, Manajer Persib H. Umum Muchtar sudah mengagendakan laga dengan Persebaya dalam jadwal Persib. Meski mengakui kalau jadwal pertandingan Persib jelang Liga 1 cukup padat, namun Umuh tetap ingin memasukkan Persebaya ke dalam daftar lawan uji coba Persib.

BACA:  Evaluasi, Coach Iwan Ingin Pemain Kreatif Bongkar Pertahanan Lawan

“Entah kami yang ke Surabaya, atau kami yang undang mereka ke Bandung,” ucap Umuh.

Tak hanya PBFC, Sriwijaya FC dan Persib Bandung saja yang memendam hasrat bertanding dengan Persebaya. Dari sesama klub Jawa Timur, Arema FC pun menyatakan keinginannya untuk bertanding melawan Persebaya. Bahkan, General Manager Arema FC, Ruddy Widodo menawarkan skema pertandingan kandang-tandang pada Persebaya, mengingat basis suporter Arema dan Persebaya sama besarnya.

“Bermain melawan Persebaya itu sangat memacu adrenalin. Sudah lama saya tidak merasakan atmosfer itu,” kata Ruddy.

Butuh Lawan Uji Coba Berkualitas

Tawaran laga uji coba dari sejumlah klub kepada Persebaya tentunya membuat pelatih Iwan Setiawan tak perlu pusing-pusing mencari lawan uji tanding bagi anak asuhnya. Apalagi, coach Iwan sempat menyatakan bahwa ia membutuhkan lawan uji coba yang berkualitas untuk mengukur kekuatan, sekaligus mendeteksi apa saja yang masih menjadi kelemahan Persebaya.

Usai dua kali uji coba melawan PSIS Semarang, coach Iwan mulai memahami apa saja yang menjadi kendala bagi pemain-pemainnya saat berada di lapangan. Mulai dari pemain yang terlihat masih gugup, lini tengah yang kurang bisa menyuplai bola ke depan, hingga sulitnya lini depan Persebaya membongkar pertahanan lawan yang bermain defensif.

Meski mengakui masih banyak PR yang harus diselesaikan, coach Iwan tetap memuji penampilan pemain-pemain Persebaya selama melakoni tur ke Jogja dan Semarang, serta satu laga di Surabaya. Salah satu aspek yang dipuji coach Iwan adalah spirit pantang menyerah dan daya juang Mat Halil cs., serta lini belakang yang mampu bermain solid. (rvn)