Kurniawan Karman, Mantan Idola PSM Ikut Seleksi Persebaya

Kurniawan Karman saat membela Persebaya melawan Persigo Semeru FC. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

EJ – Pada laga uji coba tertutup melawan Persigo Semeru Sakti FC di Gelora Bung Tomo, Minggu (2/4) pagi tadi, Persebaya kedatangan satu lagi pemain baru. Namanya adalah Kurniawan Karman. Kurniawan mengikuti seleksi Persebaya setelah sebelumnya tim pelatih Bajul Ijo mencoret Nugroho Wicaksono dan kehilangan Bijahil Chalwa, serta Oktavianus Wou Pone yang mengalami cedera hamstring.

Meski baru saja kehilangan Mat Halil di lini belakang, namun coach Iwan justru mendapatkan suntikan tenaga baru dalam diri Kurniawan yang notabene adalah seorang gelandang serang. Pada laga uji coba melawan Persigo, Kurniawan masuk pada pertengahan babak pertama menggantikan Thaufan Hidayat. Tak butuh waktu lama, Kurniawan langsung menunjukkan kapabilitasnya dengan mencetak gol pada menit ke-39. Mantan pemain Persiba Balikpapan dan PSM Makassar itu memperlebar keunggulan Persebaya setelah sebelumnya Green Force unggul dua gol melalui tendangan penalti Misbakhus Solikin (24’) dan sumbangan gol Thaufan Hidayat (25’).

Bagi fans PSM Makassar, nama Kurniawan Karman pastinya sudah tak asing lagi. Sebelum hengkang ke Persiba Balikpapan, pemain yang akrab disapa Kurni itu merupakan salah satu idola publik Makassar karena sempat membela tim Juku Eja pada periode 2012 hingga 2015. Kurni datang ke PSM dengan status pemain muda berbakat jebolan Pro Duta FC. Di PSM, ia berhasil mencuri perhatian dengan gaya mainnya yang ngotot dan penuh tenaga. Duetnya di lini tengah bersama Rasyid Bakri merupakan salah satu hal yang paling diingat oleh pendukung PSM. Tiga musim berseragam merah PSM dengan catatan 41 kali main dan menyumbang 6 gol, Kurni lantas memutuskan hengkang ke Persiba Balikpapan untuk menambah menit bermain.

BACA:  Imam Bayhaqi, Mantan Striker PSMS, Ikuti Seleksi Persebaya

Bersama Persiba Balikpapan, Kurniawan yang lahir pada tanggal 29 Maret 1991, tampil sebanyak 15 kali dengan torehan 2 gol, dan mengantar Persiba Balikpapan bertengger di posisi 13 pada klasemen akhir Indonesian Soccer Championship A.

Kedatangan Kurniawan mengikuti seleksi di Persebaya sendiri sesuai dengan keinginan coach Iwan yang masih membutuhkan tambahan amunisi di posisi gelandang serang dan winger. Kemampuan Kurniawan dalam membongkar pertahanan lawan memberikan opsi bagi coach Iwan yang masih belum puas dengan lini serang Persebaya. Meski sebetulnya Green Force membutuhkan satu striker lagi sebagai pelapis Rachmat Afandi, namun sepertinya coach Iwan punya rencana lain untuk Kurniawan.

“Babak pertama kita bisa menang 3-0. Terus babak kedua kita coba beberapa pemain baru. Dan kita lihat ada harapan dari pemain-pemain baru. Ada dua pemain baru yang masuk tadi, salah satunya Kurniawan Karman. Mudah-mudahan dia bisa beri sesuatu yang positif,” ujar coach Iwan saat ditemui usai laga uji coba melawan Persigo Semeru FC.

“Namun kita masih ingin lihat sejauh mana pemain-pemain baru bisa beradaptasi dengan teman-teman yang lain,” pungkas coach Iwan. (rvn)