Fokus Positioning, Iwan Puas dengan Kinerja Pemain

Persebaya seusai latihan di lapangan Brigif Marinir Gedangan. (Foto: Bimbim/EJ)

EJ – Arsitek Persebaya, Iwan Setiawan terus bekerja keras meningkatkan kualitas permainan Persebaya. Untuk itu, coach Iwan pun pada latihan rutin Selasa (4/4) pagi memindahkan tempat latihan ke lapangan Brigif Marinir, Gedangan, Sidoarjo, dari yang biasanya di lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya.

Dipilihnya lapangan Brigif Marinir Gedangan untuk latihan hari ini karena Iwan ingin fokus pada positioning pemain saat mem-build up serangan, sehingga membutuhkan lapangan dengan kondisi yang rata.

“Latihan hari ini bisa dilihat kita mencoba line defense. Pertama kita ambil posisi yang diatas atau high pressing. Lalu kita coba half defense yang ditengah, lalu terakhir kita coba full deep atau bertahan jauh di bawah,” ujar coach Iwan yang ditemui EJ usai latihan pagi tadi.

“Untuk latihan hari ini pada dasarnya sama dengan latihan-latihan sebelumnya. Tapi hari ini saya tekankan kepada pemain bagaimana decision position saat tim dapat bola. Jadi, saya tekankan pada positioning pemain. Apakah pemain langsung direct passing, atau harus build-up,” lanjut pelatih berlisensi A AFC tersebut.

Terkait dengan perkembangan tim sejauh ini, Iwan menyatakan bahwa ia cukup puas dengan kinerja pemain-pemainnya.

“Alhamdulillah anak-anak banyak sukses hari ini. Jadi artinya mereka bisa mengambil keputusan terbaik. Keputusan-keputusan yang best decision. Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan. Prosesnya sejauh ini bagus,” kata Iwan.

Sementara untuk laga uji coba lanjutan, Iwan juga menambahkan bahwa timnya masih butuh beberapa pertandingan uji coba lagi.

“Kita punya program uji coba tiggal dua. Kita rencanakan ketemu dengan tim high level, baru kemudian low level sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan diri pemain,” pungkas Iwan. (rvn/bim)

BACA:  Persebaya Ingin Jaga Tren Positif Saat Lawan PSBI