Madiun Putra vs Persebaya: Laga Berat di Tengah Badai Cedera

Selebrasi Rishadi Fauzi saat mencetak gol pada partai debutnya bersama Persebaya. (Foto: Ervan Tria/EJ)

EJ – Persebaya akan memulai putaran kedua fase grup Liga 2 2017 dengan melawat ke Stadion Wilis kandang Madiun Putra FC, Kamis (20/7) ini. Laga kontra Madiun Putra akan menjadi ujian konsistensi skuad Bajul Ijo di tengah badai cedera yang menghampiri tim kebanggaan Arek-arek Suroboyo tersebut.

Usai menjalani dua laga berat menghadapi PSBI Blitar dan Persinga Ngawi, sejumlah punggawa inti Persebaya harus terkapar akibat cedera. Kurniawan Karman, Mokhammad Syaifuddin, Misbakhus Solikin dan kapten Rendi Irwan harus mendapatkan perawatan khusus usai mengalami cedera pada pertandingan melawan PSBI dan Persinga. Sementara itu, kondisi Sidik Saimima dan Thaufan Hidayat juga belum sepenuhnya pulih. Badai cedera jelang laga away berat ke Madiun tentunya mempengaruhi kekuatan Persebaya. Apalagi, dalam lawatannya ke Stadion Wilis, Persebaya menargetkan poin penuh untuk menjaga persaingan di papan atas klasemen sementara Grup 5.

Badai cedera yang menerpa Persebaya membuat Alfredo Vera harus mengutak-atik komposisi pemain untuk diturunkan pada laga menghadapi Madiun Putra malam nanti. Rendi Irwan kemungkinan masih diistirahatkan karena kondisinya fifty-fifty. Sementara Misbakhus Solikin sudah menunjukkan perkembangan positif, setelah mengeluhkan rasa sakit di bagian punggungnya pada laga kontra Persinga.

Cederanya sejumlah pemain inti memang membuat persiapan Persebaya jelang laga nanti sedikit terganggu. Namun Alfredo sudah menyiapkan tim terbaik untuk menghadapi Madiun Putra. Dalam keterangannya, Alfredo menyatakan bahwa ia akan menurunkan pemain yang benar-benar fit dan kondisinya siap tempur.

“Kami akan siapkan pemain yang fit 100 persen untuk hadapi Madiun,” ujar pelatih asal Argentina tersebut.

Meski dihantam badai cedera, Persebaya sendiri tengah dalam tren positif. Dalam tiga pertandingan terakhir dibawah komando Alfredo Vera, Green Force sukses meraup tujuh poin hasil dari dua kali menang dan sekali imbang. Jika ditotal sejak sebelum jeda Ramadhan kemarin, Persebaya tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhirnya. Tren positif inilah yang menjadi bekal berharga Rishadi Fauzi dkk. jelang menghadapi tuan rumah Madiun Putra.

BACA:  Tanpa Sentuh Bola, Debut Adam Berakhir Manis

Laga kontra Madiun Putra malam nanti bukanlah laga yang mudah bagi Persebaya. Pasalnya, Madiun Putra adalah tim yang sempat menyulitkan langkah Persebaya di awal musim lalu. Pada pertandingan pembuka Liga 2 lalu, Madiun Putra sukses menahan imbang Persebaya di Stadion Bung Tomo. Persebaya yang kala itu lebih diunggulkan, justru dibuat frustasi oleh pertahanan rapat sang tamu.

Walaupun pertandingan malam nanti tidak akan berjalan mudah, namun Persebaya tetap berpeluang meraih poin maksimal di kandang Madiun Putra. Pasalnya, grafik permainan tuan rumah sedang menurun setelah tidak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir. Dalam tiga laga terakhirnya, Madiun Putra hanya mampu meraih satu poin hasil seri dengan Persinga. Bahkan, dalam laga kandang sebelum menjamu Persebaya, Purniawan cs. takluk dari Martapura FC dengan skor cukup telak, 2-4.

Tren negatif yang sedang dihadapi Madiun Putra ini tentu bisa dimanfaatkan Persebaya untuk meraih poin penuh di Stadion Wilis. Apalagi, moril pemain-pemain Persebaya juga tengah dalam kondisi terbaik setelah datangnya Alfredo Vera di kursi pelatih Bajul Ijo. Motivasi skuad Persebaya pun dipastikan kian bertambah karena Bonek akan mendukung langsung perjuangan pemain di Stadion Wilis malam nanti. Jadi, target poin penuh di Stadion Wilis bukanlah target yang mustahil. Wani! (rvn)