Persebaya Semakin Nyaman di Puncak Usai Pesta Gol

Gol pertama Persebaya yang dicetak Ricky Kayame. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya semakin nyaman di puncak setelah berpesta gol ke gawang Persigo Semeru FC di pertandingan ketiga Grup C babak 16 besar. Laga yang disaksikan sekitar 50 ribu penonton digelar di Gelora Bung Tomo, Sabtu (30/9) malam..

Persebaya menurunkan skuat terbaiknya tak jauh beda dengan pertandingan melawan Kalteng Putra. Hanya Oktafianus Fernando yang jadi starter menempati posisi Thaufan Hidayat yang tidak bermain.

Babak pertama berlangsung menarik dan saling serang. Ricky Kayame menjadi target man dengan Oktavianus dan Irfan Jaya di sisi sayap. Bola-bola pendek khas Alfredo Vera mengalir apik. Sementara anak asuh Putut Wijanarko berusaha mengimbangi permainan Green Force dengan bermain keras.

Sempat kesulitan menembus pertahanan Semeru, gol keunggulan Persebaya baru lahir menit ke 31 melalui sundulan Ricky Kayame. Memanfaatkan bola muntah hasil tendangan kaki kanan Oktafianus, Kayame lolos tanpa terkawal dan meloncat menyundul bola masuk gawang.

Persebaya unggul 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Permainan babak kedua masih dikuasai sepenuhnya oleh Misbakhus Solikin cs. Babak kedua baru berjalan 1 menit, Irfan Jaya berhasil menceploskan bola hasil umpan Misba.

Pertandingan sempat dihentikan setelah asap yang berasal dari ilalang yang terbakar di luar stadion. Wasit meminta pemain untuk keluar lapangan di menit 50 karena asap memenuhi seantero stadion. Setelah 10 menit terhenti, pertandingan kembali dilanjutkan.

Unggul 2-0, Persebaya tetap menyerang. Gol pemain pengganti, Rishadi Fauzi menit 70 menambah keunggulan Green Force menjadi 3-0.

Fandry Imbiri menggenapi pesta gol Persebaya menjadi 4-0 setelah memanfaatkan bola liar hasil tendangan sudut. Hingga babak kedua berakhir, Persebaya tetap unggul dengan skor 4-0.

BACA:  Ada Olga Lydia dan Klantink di GBT

Dengan kemenangan ini Persebaya semakin kokoh di puncak grup C 16 besar Liga 2 berkat hasil dua kali menang dan satu kali seri. Laga lain antara Kalteng Putra menjamu PSBS Biak hasilnya dimenangkan Kalteng Putra dengan skor 3-0.

Laga Persebaya berikutnya adalah melawat ke Jember dan kembali menghadapi Persigo Semeru FC, Rabu (4/10) di Jember Sport Garden (JSG). Kemenangan di JSG akan membuat langkah Persebaya lolos ke babak 8 besar semakin mudah. (bim)