Persigo Semeru FC vs Persebaya: Memuluskan Langkah Menuju 8 Besar

Fandry Imbiri merayakan golnya ke gawang Persigo Semeru FC. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Empat hari setelah menjamu Persigo Semeru FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (4/10) sore ini giliran Persebaya akan dijamu oleh lawan yang sama. Bertempat di Stadion Jember Sport Garden, Persebaya bakal menghadapi tuan rumah Semeru FC yang mengusung misi balas dendam usai kalah telak pada pertemuan pertama di Gelora Bung Tomo, Sabtu (30/9) pekan lalu.

Kembali menghadapi Persebaya, Semeru FC membawa luka setelah sebelumnya digelontor empat gol oleh Bajol Ijo. Kekalahan atas Persebaya pekan lalu merupakan rekor kekalahan terburuk yang pernah dialami oleh tim asal Lumajang tersebut. Menghadapi Persebaya dengan status tuan rumah, skuad arahan Putut Widjanarko itu mengusung motivasi tinggi untuk membalas kekalahan telak di Surabaya. Apalagi, Semeru FC juga masih berambisi untuk mengejar satu tiket ke babak 8 Besar.

Kebobolan empat gol ketika bermain di Gelora Bung Tomo pekan lalu memang membuat Putut kecewa. Pasalnya, ia mengakui kalau empat gol yang bersarang ke gawang timnya berasal dari kesalahan sendiri. Bermain baik sejak awal laga, konsentrasi lini belakang Semeru FC buyar begitu Persebaya mampu mencetak gol pertama. Kesalahan-kesalahan seperti di pertemuan pertama tentunya tak ingin diulangi oleh tim berjuluk Lava Semeru tersebut.

Jelang laga sore nanti, Semeru FC kembali bisa menurunkan komposisi tim terbaiknya. Gede Warih Sentanu yang belum menunjukkan performa maksimal di pertandingan pertama berkesempatan untuk menampilkan kemampuan terbaiknya pada laga ini. Pun demikian dengan top scorer sementara Semeru FC, Yogi Syaiful Rizal, yang gagal menjebol gawang Persebaya pekan lalu. Motivasi berlipat dari punggawa-punggawa Semeru FC ini tentunya harus diwaspadai Persebaya.

Sementara itu, Persebaya melawat ke Jember dengan mengusung aura positif. Apalagi, dalam lawatannya ke Jember, Green Force turut serta memboyong salah satu pemain barunya, yakni Said Marjan. Bersama Rangga Muslim, akhir pekan lalu Said Marjan sudah diperkenalkan sebagai punggawa anyar Persebaya. Kehadiran Said tentunya akan menambah kekokohan lini belakang Bajol Ijo.

Pada laga nanti, ketajaman lini depan Persebaya akan kembali berhadapan dengan tembok pertahanan Semeru FC. Lini serang Persebaya sendiri tengah dalam kondisi puncak setelah mampu mencetak 10 gol dalam tiga pertandingan babak 16 Besar. Ricky Kayame semakin menyatu dengan permainan Green Force. Rishadi Fauzi juga sudah kembali tajam usai mengakhiri periode paceklik golnya. Tajamnya lini depan akan menjadi modal berharga bagi Persebaya dalam lawatannya ke Jember.

BACA:  Bela Persinga, Gawang Bagus Bobol Empat Gol, Bela PSBS Lima Gol

Dengan koleksi tujuh poin, Persebaya kini memuncaki klasemen sementara Grup C babak 16 Besar. Menghadapi Semeru FC, target poin penuh jelas menjadi incaran Bajol Ijo. Meski begitu, Persebaya tak boleh meremehkan Semeru FC. Nugroho Mardiyanto dan kawan-kawan dipastikan akan tampil spartan mengingat mereka berstatus tuan rumah pada laga kali ini. Apalagi, posisi Semeru FC di tabel klasifika kini sedang dalam ancaman Kalteng Putra. Jika mampu tampil tenang dan menguasai ritme permainan seperti pada pertemuan pertama, Persebaya berpeluang membawa pulang tiga angka sekaligus memuluskan langkah menuju babak 8 Besar. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persigo Semeru FC vs Persebaya

Persigo Semeru FC (3-5-2): Muhammad Pujiantoro (PG); Nugroho Mardiyanto (C), Fadel Muhammad, Agil Pramono (B); Doni Setiawan, Andika Cakra, Jajang Paliama, Yogi Syaiful Rizal, Feri Firmansyah (T); Dhanu Syahputra, Gede Warih Sentanu (D)

Persebaya (4-3-3): Miswar Syahputra (PG); Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Mochammad Irvan (B); Misbakhus Solikin (C), Muhammad Hidayat, Sidik Saimima (T); Irfan Jaya, Ricky Kayame, Thaufan Hidayat (D)