Lakon Menang Keri, Persebaya Tumbangkan Persiba dan Lolos Semifinal

Foto: Eka Prasetya for EJ
Iklan

EJ – Persebaya memastikan lolos ke semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018 usai menumbangkan tuan rumah, Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, Senin (26/2). Green Force membuktikan ungkapan lakon menang keri (Jagoan menang belakangan). Setelah tertinggal satu gol hingga menit 80, Persebaya akhirnya mengatasi Persiba dengan tiga gol di babak kedua. Di laga kali ini, Alfredo Vera banyak melakukan rotasi pemain. Alfonsius Kelvan, Arthur Irawan, Fandi Eko, dan Pedro Henrique diturunkan menjadi starter.

Pertandingan berlangsung cepat dan menarik selama 15 menit sudah beberapa kali ada shoot on target dari kedua tim. Fandi Eko, Pedro, Irfan Jaya bergantian mengancam gawang Persiba. Juga para penyerang tim Beruang Madu membahayakan gawang Persebaya yang dijaga Alfonsius Kelvan. Satu tendangan bebas pemain Persiba ditepis oleh Kelvan.

BACA:  Kalah dari Arema, Rendi Minta Maaf ke Bonek

Tak ada gol tercipta hingga water break pada menit ke-30. Setelah water break Persebaya terus menguasai permainan. Satu serangan Persiba pada menit 42 menghasilkan tendangan penalti. Arthur Irawan dianggap melanggar pemain Persiba di kotak penalti. Kapten Persiba, Bryan Cesar, menuntaskan hadiah penalti dengan sempurna. Persebaya tertinggal 0-1. Sampai babak pertama selesai, kedudukan tidak berubah.

Alfredo langsung mengganti Arthur Irawan dan Pedro di awal babak kedua. Mereka digantikan Abu Rizal dan M. Syaifuddin. Pergantian ini menambah daya dobrak Green Force. Namun, Persebaya susah menembus pertahanan Persiba.

Iklan

Meski kalah dalam penguasaan bola, Persiba masih bisa melakukan penyerangan ke jantung pertahanan Persebaya. Tercatat, 4 kali penyelamatan dilakukan Alfonsius Kelvan di babak kedua.

Feri Pahabol dan Robertino Pugliara diturunkan menggantikan Mibakus Solikin dan Fandi Eko Utomo. Namun pergantian itu tetap tak bisa membuat Persebaya mencetak gol.

BACA:  Cerita di Balik Gol Kedua Rendi Irwan

Di 15 menit terakhir, Alfredo menurunkan Rendi Irwan dan Rishadi Fauzi menggantikan Riky Kayame dan M. Irvan. Turunnya pemain utama Persebaya ini membuat serangan-serangan Bajol Ijo berbahaya. Pergantian yang tepat karena Rishadi Fauzi mencetak gol lewat umpan cantik Feri Pahabol.

Skor 1-1, Robertino dan Abu Rizal berusaha mengambil bola dari gawang Persiba. Para pemain Persebaya tak ingin laga dilanjutkan melalui adu penalti.

Rendi akhirnya mencetak gol untuk Persebaya di menit 83. Sebuah penempatan bola ke pojok kiri gawang Persiba membuat Persebaya unggul 2-1. Rendi menjadi bintang setelah golnya di masa injury time membuat Persebaya menang 3-1. Kemenangan ini memastikan Persebaya menyusul Sriwijaya FC lolos ke semifinal. (bim/iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display