Move On Bonek, Move On Bajol Ijoku

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

Melihat klub kebanggaan terpuruk, jujur hati ini ikut berkecamuk. Saya sebagai suporter tidak merasa menjadi yang paling Bonek, tapi saya meyakini satu hal bahwa klub kebanggaan saya tidak pantas seperti ini.

Lebih miris lagi ketika ada Bonek yang masih beranggapan Persebaya adalah tim promosi, tidak sedikit Bonek yang mengatakan “Suporter harus tahu diri bahwa untuk Persebaya mampu bertahan di Liga 1 di musim pertamanya itu saja sudah bagus, jadi jangan berharap yang muluk-muluk”.

Well, saya bisa tegaskan di sini bahwa itu adalah kata-kata racun yang biasanya diucapkan oleh rival-rival Persebaya atau pihak-pihak yg tidak suka Persebaya meraih sukses. Itu benar-benar racun dan mengapa ada Bonek yg mengatakan itu. Sungguh miris hati ini, namun andai kata-kata itu benar, lalu mengapa kata-kata itu tidak anda ucapkan ketika Persebaya berlaga di Liga 2? Toh, kondisinya sama saja Persebaya kala itu baru saja diakui PSSI, pertama kali mengikuti kompetisi resmi setelah vakum 5 tahun lebih tapi mengapa punya target lolos Liga1? Harusnya tahu diri dong?

Nyatanya Persebaya mampu melakukannya, bahkan bukan hanya lolos ke Liga 1 tapi juga menyabet gelar juara Liga 2 dan itu telah membuat iri banyak suporter-suporter klub Liga 2. Itu semua bisa diraih berkat optimisme, keyakinan tinggi, kerja keras, saling percaya antara tim, manajemen dan suporter bahwa Persebaya layak mendapatkannya dan Persebaya memang layak mendapatkannya.

Iklan
BACA:  Arif Satria : Persiapan Harus Lebih Maksimal Lagi

Lalu apa bedanya Liga 2 dengan Liga 1?

Saya berharap kepada seluruh Bonek di mana pun anda berada, mulai saat ini buang jauh-jauh racun itu karena sama saja anda meracuni klub kebanggaanmu. Yakinlah sampai kapan pun bahwa Persebaya adalah salah satu klub besar dengan sejarah yang begitu panjang di Liga Indonesia. Semua itu bukan omong kosong, salah satu buktinya rating TV Persebaya sejauh ini cukup bagus untuk klub promosi yang baru vakum tidak berkompetisi selama kurang lebih 5 tahun. Pertandingan Persebaya lebih sering disiarkan secara Live di TV Nasional bahkan lebih sering dari beberapa klub lain yg sudah lama berkompetisi di kasta tertinggi. Kalau pihak TV saja mengapresiasi reputasi dan nama besar Persebaya, mengapa suporternya justru merendahkan Persebaya?

BACA:  Memaknai Rivalitas Melalui Pandangan Sanada dan Masamune

Dan harapan saya untuk para punggawa Bajol Ijo bermainlah kalian dengan hati, bermainlah dengan loyalitas tinggi, bermainlah dengan penuh rasa bangga demi lambang di dada.

Bersyukurlah kalian semua karena saat ini anda telah menjadi bagian dari salah satu klub besar di Indonesia, salah satu klub legendaris di Indonesia dengan sejarah yang panjang, dengan basis suporter yang begitu besar, memiliki homebase yang begitu megah, dan juga bisa menikmati laga kandang dengan atmosfer kelas dunia. Kalian seharusnya bangga akan hal itu karena tidak semua klub di Indonesia ini memilikinya.

Mari Move On Bersama. Ayo Bangkit!

Persebaya adalah klub besar, Persebaya pantas di atas sana, Kita semua pantas di atas.

Salam Satu Nyali!

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display