Pentingnya Saling Percaya Antar Stakeholders Persebaya

176
232Shares

Persebaya ibarat sebuah kapal yang berisi berbagai pihak dengan banyak kepentingan. Kapal ini berlayar menuju satu titik tujuan dengan beraneka rintangan menghadang. Kapten kapal bisa mengarahkan biduknya dengan tenang jika para penumpang saling percaya. Pertandingan Persebaya melawan Persela Minggu lalu memperlihatkan bagaimana tingkat kepercayaan antar stakeholders membuat Green Force mampu menyelesaikan pertandingan dengan lancar serta meraih kemenangan.

Sebelum Alfredo Vera dan Chairul Basalamah mengundurkan diri, berbagai rencana disiapkan Bonek untuk membuat aksi menuntut sang pelatih dan manajer tim meletakkan jabatannya. Aksi pertama diawali dengan penghadangan bus pemain di dekat apartemen pemain. Suasana saat itu menegangkan karena tingkat kepercayaan Bonek kepada tim dan manajemen menyentuh titik dasar.

Tak adanya rasa percaya dari Bonek membuat apapun yang dilakukan manajemen selain mengganti Alfredo dan Chairul tak akan membuat mereka menghentikan aksinya. Aksi besar telah disiapkan di stadion saat laga melawan Persela.

Akhirnya, manajemen Persebaya mengumumkan pengunduran kedua sosok yang “dibenci” Bonek. Keputusan itu tentu melegakan Bonek. Rasa percaya dari Bonek mulai tumbuh. Hal itu diawali dengan permintaan maaf yang dilakukan Bonek kepada pemain di GBT jelang laga.

Atmosfer positif menyelimuti pembicaraan seputar Persebaya. Optimisme tinggi menyeruak di kalangan Bonek bahwa Persebaya bakal mampu mengalahkan Persela. Dan fakta menunjukkan Persebaya mampu bangkit setelah terpuruk dalam tiga laga dengan kemenangan meyakinkan. Satu ujian telah terlewati. Kapal Persebaya mampu melewati terjalnya batu karang.

Ujian kedua kapal Persebaya adalah melewati batu karang bernama Barito Putera. Mampukah Bajol Ijo mengalahkan tim yang dilatih legenda Persebaya, Jacksen F Tiago?

Inilah ujian yang harus dilewati bersama oleh para stakeholders. Tim memang harus menjawab kepercayaan Bonek. Para pemain yang berjuang di lapangan pasti menginginkan hasil terbaik. Namun, pemain harus memperlihatkan daya juang sungguh-sungguh di lapangan. Bermainlah dengan lepas karena Bonek sudah pasti mendukung.

BACA:  Usai Iwan Dipecat, Jangan Ada Lagi Drama Terkait Posisi Pelatih

Jelang laga, manajemen juga harus mengawal tim ini dengan baik. Dekatkan para pemain dengan Bonek. Tim bisa menggelar satu sesi latihan terbuka untuk Bonek di lapangan Karanggayam. Tak ada yang perlu ditutup-tutupi. Umumkan jadwal keberangkatan tim berikut siapa nama-nama pemain yang dibawa. Yakinlah jika Bonek akan senang dengan keterbukaan karena hal ini akan meningkatkan rasa percaya Bonek kepada tim.

Jika antar stakeholders sudah saling percaya, maka seberat apapun rintangan yang menghadang pasti bisa dilewati dengan mudah. Karena yang berjuang tak hanya tim tapi juga Bonek. Persebaya pasti bisa!

Facebook Comments