Sejarah Darah Muda Persebaya

848
Supriadi. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya Surabaya dikenal sebagai salah satu klub di Indonesia yang sering mengorbitkan pemain mudanya.┬áBerikut empat nama pemain Persebaya Surabaya termuda yang melakukan debut sejak bergulirnya Liga Indonesia di musim 1994/95 yang berhasil diolah dan dikompilasikan datanya oleh Opta Rawon :

1. Andik Vermansah
Arek Jember kelahiran 23 November 1993 ini mendapatkan debutnya bersama Persebaya disaat berusia 5.393 hari. Saat itu kalender menunjukkan tanggal 29 Agustus 2009 dan tuan rumah Persebaya melawan Persekabpas Pasuruan di Divisi Utama 2008/09.

Pelatih Fredy Mulli tak canggung untuk memasang Andik di menit-77 untuk menggantikan Andi Oddang. Andik pun pada akhirnya turut mempersembahkan kemenangan tim Bajul Ijo 2-0 atas tamunya Persekabpas Pasuruan.

2. Mochammad Supriadi

Talenta muda penghuni Timnas Indonesia U-18 ini secara resmi mencatatkan debutnya bersama Persebaya Surabaya dalam usia 6.302 hari pada tanggal 24 Agustus 2019 saat melawan Persija Jakarta.

Turun sebagai pemain pengganti sejak menit ke-45, Supriadi yang dimainkan oleh pelatih “caretaker” Bejo Sugiantoro sebagai pemain sayap depan mampu menunjukkan dirinya sebagai sosok yang “ngeyel”, “ngosek” dan piawai bermain satu-dua khas Surabaya. Beberapa kali dirinya tak canggung mengiris lini belakang Tim Macan Kemayoran dengan kelincahan dan kecepatannya.

Data empat pemain muda /Sumber : Dpp

3. Bejo Sugiantoro

Legenda Sepak Bola nasional ini secara resmi bermain untuk Persebaya Surabaya di partai pembukaan Liga Indonesia 1994/95 pada tanggal 27 November 1994 saat bersua PSM Makassar.

Mantan pemain klub internal Indonesia Muda ini dimainkan oleh pelatih Mudayat dalam usia 6.448 hari di partai yang dimenangkan oleh Persebaya 1-0 melalui gol tunggal Ahmad Said.

4. Rachmat Irianto

Anak tertua dari Bejo Sugiantoro ini akhirnya bisa melakukan debut bersama Persebaya Surabaya saat menjamu Persatu Tuban pada tanggal 6 Juli 2017 di partai Liga 2. Pelatih Angel Alfredo Vera tak ragu menurunkannya sebagai starter dalam usia 6.516 hari. Pada partai tersebut, Persebaya Surabaya menggulung tamunya Persatu Tuban dengan skor 2-0. (dpp)