Hadiah Itu Bernama EJ Sharing

186
Foto: Naim Fattah.

Di tengah suasana sepi berhentinya kompetisi dampak pandemi Covid-19 ini, tim Emosi Jiwaku mengadakan sebuah kontes menulis bulan Mei lalu. Bulan berikutnya, ada pengembangan baru yang lebih luas dengan menambahkan kontes menggambar. Puluhan orang berbondong-bondong ikut ambil bagian.

Pandangan saya sendiri, Ini adalah sebuah kontes brilian dan positif, di mana waktu jeda kompetisi bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menampung segala aspirasi dan opini suporter. Alhamdulillah saya berkesempatan bisa ikut ambil bagian dalam kontes tersebut. Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada tim redaksi atas apresiasi yang telah diberikan.

Pada dasarnya, saya yakin hadiah bukanlah muara utama dari kontes ini. Tapi tentang kesempatan dan ruang yang diberikan oleh EJ untuk menampung segala pemikiran dari Bonek. Dalam tulisan redaksi saat ulang tahun pertama, EJ menjelaskan bahwa situs ini awalnya lahir hanya dari diskusi ringan di warung kopi dan bermodalkan semangat bondo nekat untuk menjalankannya. Kini, media ini semakin berkembang dan memiliki banyak sektor untuk menyajikan berita serta informasi terbaru soal Persebaya dan Bonek.

Dan yang lebih berharga lagi, rubrik EJ Sharing masih tetap dipertahankan. Inilah menurut saya ruang yang paling “mahal” dan hadiah terbesar untuk Bonek. Kita sebagai Bonek tentu selalu punya pandangan tersendiri dan terkadang media sosial adalah tempat berdebat soal sesuatu entah strategi pelatih, kebijakan, dan lain sebagainya. Namun terbatasnya komentar membuat kita tak bisa leluasa mengemukakan pendapat.

Di sinilah peran utama EJ hadir melalui rubrik EJ Sharing. Kita para suporter diberikan ruang yang sangat luas untuk mengemukakan ide, pendapat, wawasan, atau kritik kepada siapapun. Entah kepada tim, manajemen, atau suporter. Semua itu Gratis! Tanpa dipungut biaya sama sekali. Bahkan tim redaksi juga mau menerima infografis jika kita melampirkannya. Padahal kita tahu bahwa itu mengambil kapasitas dari server. Namun demi Bonek, semua diberikan. Kita juga mendapat keuntungan khusus dengan terbantunya publikasi pemikiran kita. Seperti diketahui, EJ memiliki ratusan ribu pengikut yang siap membaca dan memberi umpan balik atas tulisan kita.

BACA:  Jayalah Negeriku, Jayalah Persebayaku

Sejak awal diluncurkan hingga kini, berdasarkan penelurusan saya, sudah ada 839 artikel EJ Sharing yang di-publish sampai pagi ini (Selasa, 9 Juni pukul 10.00 WIB). Dan jumlah ini akan terus bertambah mengingat selalu ada ide, pandangan dan opini baru dari Bonek. Terima kasih untuk EJ karena sudah menerima tulisan-tulisan dari saya selama ini yang kadang merepotkan harus mengunggah infografis, hehehe.

Bagi dulur-dulur Bonek yang ingin menulis, jangan malu. Ayo kirim, rek. Soal syarat yang dibebankan tim redaksi tidak berat kok. Soal pengalaman ini, saya pernah menulisnya disini.

Harapan saya, semakin banyak lagi Bonek yang turut berpartisipasi dan meramaikan kolom EJ Sharing ini dengan ide-ide kreatif, opini membangun demi kebaikan bersama di masa mendatang.

Terima kasih, Emosi Jiwaku!

Salam Satu Nyali, WANI!

Komentar Artikel