Bek Kanan Persebaya Era 1950-an Dimakamkan di Babad Jerawat

Adriaan Ferdinandus
Dr. Izaac Adriaan Ferdinandus bersama kru bajulijo.net dalam sebuah wawancara. (Foto: Bajulijo.net)

SURABAYA – Legenda Persebaya era 1950-an Prof. Dr. Izaac Adriaan Ferdinandus , M.Div tutup usia pada Sabtu, 24 Oktober. Jenasah legenda Persebaya yang dikenal sebagai bek kanan tangguh itu dimakamkan di tempat pemakaman umum Babad Jerawat, Surabaya Barat, Senin, 26 Oktober.

ferdinandus
Adriaan Ferdinandus (Berdiri, dua dari kiri) saat membela Persebaya. (Foto: bajulijo.net)

Jenasah sempat disemayamkan di Adijasa Jalan Demak , pukul 09.05. Setelah itu, jenasah dibawa ke Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga untuk upacara kehormatan di mana beliau dulu mengabdi. Jenasah lantas dibawa ke Babad Jerawat. Rombongan jenasah dan pengantar tiba di lokasi pada pukul 10.36 wib. Sekitar 100-an kerabat dan pengantar mengikuti prosesi pemakaman.

Persebaya telah kehilangan salah satu legendanya. Semasa masih membela Persebaya, Ferdinandus mempersembahkan gelar juara perserikatan pada 1951 dan 1952. Konon dia adalah legenda terakhir yang tersisa setelah semua pemain era itu sudah mendahuluinya.

ferdinandus
Suasana pemakaman di pemakaman umum Babad Jerawat, Surabaya Barat. (Foto: Arif Rahman Darmadji)
Ferdinandus
Beberapa bonek berpose di makam Adriaan Ferdinandus. (Foto: Arif Rahman Darmadji)

Salah seorang kerabatnya mengatakan berterimakasih kepada bonek yang masih ingat dan ikut mengantar beliau untuk terakhir kalinya. Pahlawan telah pergi meninggalkan kita, pahlawan tidak mati perjuangan akan terus dilanjutkan. Selamat jalan, Profesor. (rif)

BACA:  Persebaya Libur Latihan 23-28 Juni