MC Legendaris Persebaya, Soepangat, Meninggal Dunia

pak-pangat
Supangat (paling kanan) dalam sebuah pertandingan Persebaya tahun 1990. (Foto: Kholili Indro)

SURABAYA – Satu lagi legenda Persebaya meninggalkan kita. Soepangat, MC stadion legendaris pertandingan-pertandingan Persebaya meninggal dunia dalam usia 65 tahun karena sakit. Mantan penyiar Radio Gelora Sepuluh November (RGS) ini sempat dirawat di rumah sakit sebelum akhirnya meninggal, Rabu malam, 4 November 2015.

“Ayo arek etan sing tertib balik maneh nang tribun!” Begitulah salah satu sapaan khas pria yang akrab dipanggil Pak Pangat saat menjadi MC di Stadion Tambaksari maupun di Stadion Gelora Bung Karno saat Persebaya main di Jakarta. Ya, Supangat selalu setia mendampingi Persebaya. Suaranya menggelegar dan bisa membuat bulu kuduk para penonton merinding.

pak pangat
Soepangat

Di Indonesia, hanya ada dua MC Stadion yang terkenal. Selain Soepangat, ada Ovan Tobing, legenda dari Gajayana Malang.

Soepangat bisa dibilang museum berjalan bagi para generasi sekarang. Soepangat, dalam sebuah kesempatan, pernah mengatakan jika dirinya banyak didatangi pelajar, mahasiswa, wartawan bahkan peneliti yang mencari berbagai sumber sejarah Persebaya di masa lampau.

Rencananya jenazah akan dimakamkam pagi ini (5/11) pukul 09.00 WIB. 

pak pangat
Ucapan duka dari Bonek untuk sang legenda. (Foto: Bimbim/emosijiwaku.com)

Persebaya dan Bonek berduka. Selamat jalan Pak Pangat. Sampai jumpa di stadion yang jauh lebih besar dan luas di  sana nanti. (bim)

BACA:  Persebaya Daftarkan 24 Pemain di Liga 2