Obati Sakitmu dan Cepatlah Sembuh, Jika Perlu Ganti Doktermu

Dear Persebaya,

Langsung saja ya, gak perlu basa-basi. Surat ini aku kirimkan khusus untuk kamu. Iya kamu. Kamu yang ada di hatiku.

Kata King Eric Cantona, orang bisa saja berganti istri, politik (partai), agama (kepercayaan), tapi dia tidak akan pernah bisa mengubah klub favoritnya. Ini seperti yang aku dan beberapa temanku alami.

Belasan kali aku disuruh untuk mendukung klub selain kamu. Mulai dari uang saku, kaos gratis, transportasi ke stadion, dan tiket masuk. Semua aku tolak. Aku masih dan selalu setia kepadamu sampai kapan pun.

Aku pun tahu keadaanmu saat ini. Jika diibaratkan stadium, sakitmu itu sudah level dewa. Semua karena penyakit internal yang sangat berat. Tentu saja ada faktor luar. Penyakit luar cenderung lebih mudah dicari obatnya dan gampang disembuhkan. Penyakit dalam butuh kesabaran dan perjuangan ekstra. Segala usaha dan uang harus keluar banyak.

Tidak ada ceritanya pengobatan penyakit dalam itu murah. BPJS hanya kulit luar. Proses administrasi awalnya sudah ribet. Pilihan hidupmu serba sulit. Tapi hidup harus memilih dan menentukan. Kamu sudah mempunyai tim dokter yang kamu namai sendiri sebagai tim kecil. Bekerjalah.

Deteksi semua sumber penyakit dalam. Analisa ke laboratorium, kantor pajak, kantor audit, dan lembaga-lembaga terkait. Ambil semua resepnya di apotik. Jangan diambil separo apalagi seperempat. Semua harus dilakukan agar kamu lekas sembuh. Terapkan disiplin ketat atas asupanmu. Beri target progres kesehatanmu. Jika tidak cocok, gantilah tim doktermu. Banyak dokter pintar di luar dengan berbagai peralatan yang modern dan up to date.

Jangan mudah menyerah dengan keadaan. Cuma diam saja di rumah tidak akan membuatmu sehat. Bergeraklah dengan luwes dan jujur agar penyakitmu terlihat dari luar. Penyakit yang terlihat walau penyakit dalam tentu akan mudah dicari obatnya. Jangan menyembuyikan penyakitmu sendiri. Tuhan saja pernah berkata jika setiap penyakit ada obatnya. Manusialah yang disuruh mencari sendiri obatnya. Yakinlah.

BACA:  Menunggu Persebaya di Usianya Yang Ke-100 pada Tahun 2027

Sudah dulu ya. Surat pendek ini aku kirim dari sebuah warung daerah Rolak Gunungsari yang panas dan angin yang kering. Semoga kamu cepat sehat dan mengganti tim dokter yang bisa bekerja cepat, tepat, dan penuh kasih sayang. Ya, hanya kasih sayang yang akan menyembukanmu. I Love U.

Surabaya 21 Mei 2016, Pinggir Rolak Gunungsari.

*) Toha P (as********@gmail.com)

Facebook Comments