Players to Watch: Muhammad Hidayat dan Purniawan

Muhammad Hidayat dan Purniawan.

EJ – Muhammad Hidayat (Persebaya) dan Purniawan (Madiun Putra) terpilih menjadi players to watch di laga yang digelar di Stadion Wilis, Madiun, Kamis (20/7). Bagaimana kinerja mereka selama ini?

Muhammad Hidayat

Di luar prediksi, nama Muhammad Hidayat kini menjadi salah satu pemain yang memiliki peran penting di dalam skuad Persebaya. Dalam tiga pertandingan terakhir sejak Angel Alfredo Vera mengambil-alih kursi pelatih Persebaya, Hidayat selalu masuk dalam skuad inti Bajul Ijo. Dipasangkan dengan Misbakhus Solikin sebagai duet double pivot di lini tengah Persebaya, Hidayat menjalankan tugasnya sebagai pemutus serangan lawan secara sangat baik.

Menanjaknya penampilan Hidayat bersama Persebaya memang sangat mengejutkan. Pasalnya, mantan pemain Borneo FC itu sempat mendapat kritikan pedas pada laga debutnya kala Persebaya ditahan imbang Madiun Putra di pekan perdana Liga 2. Kala itu, Hidayat dikritik karena staminanya yang buruk serta kurang maksimal ketika dipasang sebagai gelandang tengah. Sejak itu, Hidayat terus bekerja-keras membuktikan kepantasannya memakai seragam Persebaya.

Kedatangan Alfredo Vera di kursi pelatih Persebaya seakan memberi jalan kepada Hidayat untuk membuktikan kapasitasnya. Cederanya Sidik Saimima membuat Vera memilih Hidayat sebagai pendamping Misba Solikin. Hasilnya, pemain bernomor 96 tampil apik sebagai breaker di lini tengah Persebaya. Kengototan dan kegigihan dalam mengejar bola menjadi ciri khas Hidayat. Ia pun juga ikut menyumbang satu gol kala Persebaya mengalahkan PSBI Blitar. Pada laga kontra Madiun Putra malam nanti, peran Hidayat semakin vital karena kondisi Misbakhus Solikin yang masih belum fit 100 persen. Kemampuannya dalam merebut bola serta memutus alur serangan lawan akan menjadi faktor penting dalam skema permainan Persebaya dibawah komando Alfredo Vera.

BACA:  Polres Madiun Undang Manajemen dan Perwakilan Bonek Rapat Koordinasi

Purniawan

Purniawan menjadi sosok penting dibalik menanjaknya penampilan Madiun Putra di awal musim lalu. Bersama striker utama Madiun Putra, Nanang Wahyudi, Purniawan merupakan teror yang menakutkan bagi lawan. Persebaya pernah merasakan bagaimana eksplosifnya daya dobrak yang dimiliki Purniawan. Ya, Purniawan adalah pemain yang memiliki andil besar ketika Madiun Putra sukes menahan imbang Persebaya di pertemuan pertama lalu.

Meski penampilan Madiun Putra sedang menurun, namun performa Purniawan tetap terjaga. Gelontoran lima gol hingga pekan ketujuh adalah bukti betapa berbahayanya pemain asli Madiun tersebut. Di dalam skema main Madiun Putra, Purniawan lebih difungsikan sebagai winger. Kecepatan dan eksplosifitas merupakan senjata andalan Purniawan dalam mendobrak tembok pertahanan lawan. Selain memiliki kecepatan dan berani berduel dengan bek-bek lawan, kelebihan lain Purniawan yang harus diwaspadi lini belakang Persebaya adalah naluri golnya yang cukup tinggi. Menghadapi tipe pemain seperti Purniawan, bek-bek Persebaya tidak boleh lengah dalam melakukan penjagaan. (rvn)

Facebook Comments