Ricky Kayame, Pemain Yang Dijuluki The Next Boaz Oleh Jacksen Tiago

Ricky Kayame saat di Persipura. Foto: Goal.com

EJ – Tanah Papua tidak pernah kering melahirkan talenta hebat dalam sepakbola. Hengky Haipon, Hengky Rumere, Mettu Duaramury, Adolf Kabo,Yonas Sawor, Eduard Ivakdalam, Boaz Solosa sampai generasi saat ini semacam Marinus W, Oswaldo Haay, M Tahir, Friska W, dan lain sebagainya. Beberapa bintang lainnya pernah berbaju Persebaya seperti Erol Iba dan saat ini ada Fandry Imbiri yang baru direkrut dari Semen Padang.

Persebaya kembali membuat gebrakan dengan mengontrak salah satu talenta Papua. Ricky Kayame namanya. Mungkin masih agak asing namanya tetapi bukan berarti tanpa prestasi hebat. Pemuda kelahiran 21 September 1993 ini berprofesi sebagai striker. Sejak tahun 2012 sudah menjadi bagian dari skuad Persipura Jayapura. Sebelum bermain di Persipura Kayame bermain untuk klub lokal PS Koteka Putra dari 2009-2012.

Saat masuk Persipura 2012 klub besar dari Papua ini diasuh oleh mantan pelatih Persebaya yaitu Jacksen F Tiago. Tim Persipura saat itu sangat komplit dengan pemain-pemain hebat. Tak heran jika Kayame muda hanya sebagai pemain cadangan hampir setahun lamanya. Jacksen tetap mempertahankan Kayame dalam tim karena pasti melihat ada potensi hebat dalam diri anak muda ini.

Momen bersejarah tiba, 3 Juli 2013 pada menit ke 61 coach Jacksen memasukkan Ricky Kayame saat Persipura menjamu Persidafon Dafonsoro di Stadion Mandala Jayapura. Hebatnya meski hanya 29 menit bermain Kayame langsung bisa mencetak 2 gol untuk tim yang menjadi cita-citanya sejak kecil. Fans Persipura di stadion sangat terkejut dengan penampilan Kayame. The Next Boaz julukan untuk Kayame sempat disematkan oleh sang pelatih.

Setelah penampilan hebat tersebut, Kayame mulai mendapatkan kepercayaan untuk tampil regular di kompetisi ISL. Bahkan pada 2013, ia ikut membantu Persipura meraih juara ISL. Dan pada 2014, pemain berusia 23 tahun ini ikut mengantarkan Persipura menjadi Runner Up ISL. Dalam kompetisi Liga 1 pun, Ricky Kayame masih ada dalam skuad Mutiara Hitam. Dan terakhir masih bermain saat Persipura bermain imbang 2-2 melawan Perseru Serui

BACA:  Ricky Kayame, Pemain Baru Persebaya

Kesabaran menunggu kesempatan, berlatih keras, kemauan belajar dari pelatih dan para pemain lainnya adalah nilai yang sangat penting dari seorang Kayame. Tidak mudah menjadi bagian skuad Persipura. Tetapi Kayame mampu menembusnya walaupun dengan jalan panjang.

Saat ini Ricky Kayame telah datang dan menjadi bagian dari skuad tim besar lainnya yaitu Persebaya Surabaya. Semoga Kayame bisa menjadi bagian dari sejarah besar Persebaya. Dengan selalu mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya Kayame akan menjadi pemain hebat di Persebaya. Selamat Datang Riky Kayame. (bim)

Kiprah Ricky:

Liga 1 2017: 2 kali main (Persija vs Persipura, Persipura vs Perseru Serui)
ISA A 2016: 13 kali main, 4 gol, 1 kartu kuning